Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Profesi (Petani, Dokter, Guru, Polisi, Jurnalis, Seniman dll.)

Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Profesi

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, mengarang (Insya) adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki pelajar bahasa Arab, kepandaian mengarang cerita adalah salah satu bukti mahirnya seorang belajar khusus dalam kemahiran menulis (kitabah), sedangkan kitabah adalah kemahiran terakhir atau bisa dikatakan paling sulit dalam bahasa Arab, demikian karena menulis (kitabah) perlu mendengar dan membaca dengan baik terlebih dahulu.

Oleh karena itu pelajar bahasa Arab perlu melatih diri untuk menulis/mengarang dalam bahasa Arab kata perkata, kalimat per kalimat, paragraf per paragraf hingga jadi suatu cerita yang utuh dan sesuai dengan kaidah bahasa Arab. Pada awal mula menulis karangan siswa bisa mengikuti insya muwajjah/karangan terpimpin, selanjutnya bila sudah lancar dilanjutkan dengan insya hurr/karangan bebas.

Karena demikian penting mengenai insya/mengarang, Admin kali ini akan membagikan Karangan Profesi dalam bahasa Arab, profesi yang Admin uraikan lumayan banyak, diantaranya petani, guru, perawat, seniman (pelukis/ahli gambar), pegawai (karyawan), arsitek (insinyur), pedagang, jurnalis (wartawan), dokter, polisi, penjual sayur, tukang daging (penjagal), tukang bangunan (konstruksi), ahli mekanik, pemulung sampah, penyapu/pembersih jalan, penyiar (radio/berita), juru masak (koki) dan pengemudi/sopir. Tentu masih banyak lagi profesi-profesi lain seperti masinis, pilot dll.

Berikut di bawah ini Karangan Bahasa Arab Tentang Profesi (Petani, Dokter, Guru, Jurnalis dll.):


المِهْنَةُ
(Profesi)

كَمَا عَرَفْنَا أَنَّ مِهَنَ النَّاسِ مُتَنَوِّعَةٌ، مِنْهُمْ مَنْ يَكُوْنُ فَلَّاحًا، مِنْهُمْ مَنْ يَكُوْنُ مُدَرِّسًا، مِنْهُمْ مَنْ يَكُوْنُ مُمَرِّضًا، وَرَسَّامًا، وَمُوَظَّفًا، وَمُهَنْدِسًا، وَتَاجِرًا، وَصِحَافِيًّا، وَطَبِيْبًا، وَمِنْهُمْ مَنْ يَكُوْنُ شُرْطِيًّا وَخُضَرِيًّا وَجَزَّارًا وفَاكِهِيًّـا وَنَجَّـارًا وَبَنَّـاءً وَمِيْكَانِيْكِيًّـا وَزَبَّالَـةً وَكُنَّاسًـا وَمُذِيْعًـا وَطَبَّاخًـا وَسَائِقًـا وَغَيْرَ ذلِـكَ.

Sebagaimana kita ketahui bahwa profesi manusia itu bermacam-macam, ada yang berprofesi sebagai petani, guru, perawat, seniman (pelukis/ahli gambar), pegawai (karyawan), arsitek (insinyur), pedagang, jurnalis (wartawan), dokter, polisi, penjual sayur, tukang daging (penjagal), tukang bangunan (konstruksi), ahli mekanik, pemulung sampah, penyapu/pembersih jalan, penyiar (radio/berita), juru masak (koki), pengemudi/sopir dll.


فالفلاحون يذهبون إلى المزارع كلّ يوم ويزرعون الأرزّ فيها، والتّجار يذهبون كلّ يوم إلى السوق ويبيعون فيها البضائع المتنوعة، والصحافيون يبحثون عن الأخبار النافعة ويكتبونها في الجرائد والمجلات ليقرأها النّاس ومن أجل ذلك الصحافيون يبحثون عن الأخبار في أي مكان ويتصل بالناس على مختلف مهنهم، والأطباء يذهبون كلّ يوم إلى المستشفى ويعالجون المرضى.


Para petani setiap hari pergi ke ladang, di sana mereka menanam padi. Para pedagang setiap hari pergi ke pasar, di sana mereka menjual aneka macam barang. Wartawan/reporter mencari berita yang bermanfaat dan mencetaknya di koran-koran dan majalah-majalah supaya dapat dibaca banyak orang, disamping itu para wartawan mencari berita-berita di tempat manapun dan mereka berhubungan dengan berbagai profesi manusia. Para dokter setiap hari pergi ke rumah sakit guna mengobati para pasien.


الفلاحـون أعمـالهم نافعـة لأنفسهـم ومجتمعهـم، نحن نأكـل الأرزّ والفواكـه والخضـروات. والأطباء أعمالهم مفيدة للناس، نحن نحتاج إلى الأطباء لوقاية صحة أجسامنا والمدرسون أعمالهم نافعة، نحن نتعلم منهم العلوم والمعارف. والمدرسـون يعـدون الناشئيـن ليكونـوا أفـرادا نافعيـن لأسرتهـم وبيئـتهم وبلادهـم. فالفلاحون والتجار والأطباء والمدرسون والممرضون والرسامون والموظفون ومهندسون والصحافيون كلهم يحتاج إليهم الناس.

Pekerjaan para petani bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat, kita makan nasi, buah-buahan dan sayuran. Pekerjaan dokter bermanfaat bagi manusia, kita membutuhkan dokter untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Pekerjaan guru juga bermanfaat, kita belajar berbagai ilmu pengetahuan dari mereka, guru menyiapkan para pelajarnya supaya menjadi pribadi-pribadi yang bermanfaat baik bagi keluarga, lingkungan dan bangsa mereka. Para petani, pedagang, dokter, guru, perawat, seniman, pegawai, arsitek, dan jurnalis mereka semuanya dibutuhkan oleh manusia.


Demikian uraian mengenai contoh karangan bahasa arab profesi, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Post a Comment for "Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Profesi (Petani, Dokter, Guru, Polisi, Jurnalis, Seniman dll.)"