Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Kegiatan Sehari-hari dan Artinya

Karangan Bahasa Arab Tentang Kegiatan Sehari-hari dan Artinya

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, Admin kali ini akan membagikan cerita bahasa Arab tentang kegiatan sehari-hari dan artinya.

Dalam kehidupan sehari hari tentu kita punya aktifitas masing-masing, baik ketika di rumah, di sekolah, kelas dan seusainya, kita sebagai pembelajar bahasa Arab mesti mahir menceritakan kegiatan sehari hari dalam bahasa arab, menceritakan tersebut dalam bentuk tulisan disebut dengan insya, yaitu mengarang.

Admin akan kasih contoh karangan kegiatan sehari hari dalam bahasa arab beserta artinya dari bangun tidur sampai tidur lagi, semoga cerita aktivitas sehari hari dalam bahasa arab ini bisa dijadikan pembelajaran dalam mengarang menggunakan bahasa Arab.

Berikut di bawah ini cerita kegiatan sehari hari dalam bahasa arab beserta harakatnya dan artinya:

أَعْمَالِيْ اليَّوْمِيَّةِ
(Kegiatanku Sehari-hari)

أَنَا خَالِد، أَتَحَدَّثُ عَنْ أَعْمَالِي اليَوْمِيَّةِ مِنَ الاِسْتِيْقَاظِ إِلَى النَّوْمِ. أَسْتَيْقِظُ فِي السَّاعَةِ الخَامِسَةِ صَبَاحًا، ثُمَّ أَذْهَبُ إِلَى الحَمَّامِ لِلسِّوَاكِ وَأَتَوَضَّأُ فِيْهِ، بَعْدَ ذلِكَ أَذْهَبُ إِلَى المَسْجِدِ لِصَلَاةِ الصُّبْحِ جَمَاعَةً، وَبَعْدَهَا نَذْكُرُ اللهَ جَمَاعَةً وَقَرَأْنَا التَّسْبِيْحَ والتَّحْمِيْدَ والتَّهْلِيْلَ والدُّعَاءَ وانْتَهَيْنَا بِالمُصَافَحَةِ.
Saya Khalid, saya akan menceritakan kegiatan sehari-hari saya dari bangun tidur sampai tidur lagi. Saya bangun pada jam 05.00 subuh, kemudian saya pergi ke kamar mandi untuk menyikat gigi dan berwudhu, setelah itu saya pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah, seusainya shalat kami berdzikir bersama kepada Allah seraya mengucap tasbih, tahmid dan tahlil, lalu berdo’a dan diakhiri dengan bersalaman.

وَبَعْدَ ذلِكَ أَتَعَلَّمُ مَعَ أَصْدِقَائِيْ عُلُوْمَ الدِّيْنِيَّةِ فِي مَجْلِسِ التَّعْلِيْمِ إِلَى مُعَلِّمِنَا الدِّيْنِيْ، نَدْرُسُ فِيْهِ عَنِ القُرْآنِ وَالتَّجْوِيْدِ وَكَيْفِيَةِ الصَّلَاةِ وَالقِصَصِ الإِسْلَامِيَّةِ، وَأَتَعَلَّمُ فِيْهِ حَوَلَيْ سَاعَةً.
Setelah itu saya mengaji ilmu-ilmu keagamaan bersama teman-teman kepada ustadz kami di majlis ta’lim, disana kami mengaji Al-Qur’an, ilmu tajwid, tata cara shalat dan kisah-kisah keislaman, kami mengaji di sana sekitar 1 jam.


بَعْدَ نَهَيْنَا عَنِ التَّعَلُّمِ فِي مَجْلِسِ التَّعْلِيْمِ نَرْجِعُ إِلَى بُيُوْتِنَا، فَأَنَا أَرْجِعُ إِلَى بَيْتِيْ فَاسْتَعْدَدْتُ لِلذِّهَابِ إِلَى المَدْرَسَةِ، وَلِذَا أَسْتَحْمِمُ ثُمَّ أَلْبَسُ زِيَّ المَدْرَسَةِ، وَأُرَتِّبُ السَّرِيْرَ وَأُسَاعِدُ الأُمَّ لِإِعْدَادِ الطَّعَامِ. فنَتَنَاوَلُ الفُطُوْرَ مَعًا، أَأْكُلُ مَعَ أُمِّيْ وَأَبِيْ وَأُخْتِي الكَبِيْرَةِ وَأَخِي الصَّغِيْرِ.
Setelah selesai mengaji di majlis ta’lim kami pulang ke rumah masing-masing, saya pun pergi ke rumah saya, lalu saya bersiap-siap untuk pergi ke sekolah, karena itu saya mandi terlebih dahulu, lalu saya memakai seragam sekolah, saya membersihkan tempat tidur sebentar kemudian membantu ibu menyiapkan makanan. Setelah itu kami sarapan bareng, saya sarapan bersama ibu, bapak, kakak perempuan dan adik laki-laki saya.

فِي السَّـاعَةِ السَّابِعَـةِ صَبَاحًـا أَذْهَـبُ مَـعَ أُخْتِـيْ الكَبِـيْرَةِ وَأَخِـيْ الصَّغِيْـرِ إِلَى المَدْرَسَـةِ بَعْـدَ تَنَـاوُلِ الفُطُـوْر، نَذْهَـبُ مَشْيًـا عَلَى الأَقْـدَامِ لِأَنَّ المَدْرَسَـةِ قَرِيْـبٌ مِنَ البَـيْتِ. فَأَمَّـا أَبِـيْ يَذْهَـبُ إِلَى مَكْتَبِـهِ بِالسَّيَـارَةِ، يَسْتَغْـرِقُ أَبِـيْ لِلذِّهَـابِ إِلَيْـهِ سَاعَـةً وَاحِـدَةً، وَأَمَّـا أُمِّـيْ تَمْكُـثُ فِي البَـيْتِ لِأَنَّهَـا رَبَّـةُ البَـيْتِ.
Jam 07.00 pagi setelah sarapan pagi saya serta kakak perempuan dan adik laki-laki saya berangkat ke sekolah, kami berangkat dengan berjalan kaki karena sekolahnya dekat dengan rumah, bapak saya pergi ke kantornya dengan mengendarai mobil, kira-kira menghabiskan satu jam untuk bisa sampai ke kantornya. Adapun ibu saya tetap di rumah karena ia adalah seorang ibu rumah tangga.


فِي السَّاعَةِ الثَّامِنَةِ صَبَاحًـا وَصَلْتُ إِلَى المَدْرَسَةِ فَأَدْخُلُ إِلَى الفَصْلِ، أَنَا طَالِبٌ فِيْ الفَصْلِ الثَّانِيْ مِنَ المَدْرَسَةِ المُتَوَسِّطَةِ الإِسْلَامِيَّةِ، أَدْرُسُ فِيْـهِ دُرُوْسًـا كَثِيْـرَةً وَمِنْهَـا العُلُـوْمُ الدِّيْنِيَّـةُ والعُلُـوْمُ الطَّبِيْعِيَّـةُ وَالرِّيَاضِيَّـاتُ وَالتَّـارِيْخُ وَالجُغْرَفِيَـا وَغَيْرُهَـا، وَأَدْرُسُ كَذلِكَ اللُّغَـاتِ وَهِيَ اللُّغَـةُ الإنْدُوْنِيْسِيَـا وَاللُّغَةُ العَرَبِيَّـةُ وَالُّلغَـةُ الإِنْجِلِيْزِيَّـةُ.
Jam 08.00 pagi saya tiba di sekolah, langsung saya masuk kelas, saya seorang siswa MTs. kelas 2, di kelas saya belajar berbagai mata pelajaran, diantaranya ilmu-ilmu keagamaan, ilmu-ilmu alam, matematika, sejarah, geografi dsb., di sana juga saya belajar berbagai bahasa, seperti bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris.

فِي السَّـاعَةِ الوَاحِـدَةِ نَهَـارًا أَرْجِـعُ إِلَى البَيْـتِ بَعْـدَ صَلَاةِ الظُّـهْرِ، ثُـمَّ أَتَغَـدِّيْ مَعَ أُمِّيْ وَأُخْتِي الكَبِيْرَةِ وَأَخِي الصَّغِيْرِ، فَأَمَّـا أَبِـيْ لَـمْ يَرْجِـعْ مِنْ مَكْتَبِـهِ، هُوَ يَـرْجِعُ عَـادَةً فِي السَّـاعَةِ الرَّابِعَـةِ بَعْدَ العَـصْرِ. وَبَعْـدَ ذلِـكَ أُذَاكِـرُ الـدُّرُوْسَ الَّتِـيْ قَـدْ دَرَسْتُ، وَفِيْ بَعْـضِ الأَحْيَـانِ أَلْـعَبُ كُـرَّةَ القَـدَمِ مَعَ أَصْدِقَـائِيْ فِي المَلْعَـبِ، ثُمَّ أَسْتَرِيْـحُ لِانْتِظَـارِ صَلَاةِ العَصْـرِ.
Jam 01.00 siang setelah shalat dzuhur saya pulang ke rumah, kemudian makan siang bersama ibu, kakak perempuan dan adik laki-laki saya, adapun bapak saya belum pulang dari kantornya, biasanya ia pulang jam 04.00 sore setelah ashar. Setelah itu saya mempelajari pelajaran yang telah saya pelajari, di lain waktu saya bermain sepak bola bersama teman-teman di lapangan, kemudian saya istirahat sambil menunggu tibanya waktu ashar.


فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ مَسَاءً، أُصَلِّيْ صَلَاةَ العَصْرِ جَمَاعَةً فِي المَسْجِدِ، ثُمَّ بَعْدَهَـا أَتَعَلَّـمُ فِيْ مَجْلِسِ التَّعْلِيْمِ مَعَ أَصْدِقَائِيْ عُلُوْمَ الدِّيْنِيَّةِ حَوَالَيْ سَاعَة، وَبَعْدَ انْتَهَيْنَا عَنِ التَّعَلُّمِ نَحْنُ نَلْعَبُ ثُمَّ نَرْجِعُ إِلَى بَيْتِنَا، عِنْدَمَا وَصَلْتُ إِلَى البَيْتِ أَجْلِسُ مَعَ أُسْرَتِيْ فِيْ غُرْفَةِ الجُلُوْسِ، نَحْنُ نَتَحَدَّثُ مَسْرُوْرًا.
Jam 04.00 sore saya shalat ashar berjamaah di masjid, setelah itu saya mengaji ilmu-ilmu keagamaan bersama teman-teman di majlis ta’lim sekitar 1 jam, setelah selesai mengaji kami bermain dulu, setelah itu kami pulang ke rumah masing-masing, setibanya saya di rumah saya duduk bareng bersama keluarga di ruang keluarga, kami bercengkrama dengan gembira.

فِي السَّاعَةِ السَّادِسَةِ مَسَاءً حَانَ وَقْتُ المَغْرِبِ، فَأُصَلِّيْ صَلَاةَ المَغْرِبِ فِي المَسْجِدِ جَمَاعَةً، فَبَعْدَ ذلِكَ أَتَعَلَّمُ مَعَ أَصْدِقَائِيْ عُلُوْمَ الدِّيْنِيَّةِ فِيْ مَجْلِسِ التَّعْلِيْمِ حَوَالَيْ سَاعَة. فَحَانَ وَقْتُ العِشَاءِ، ثُمَّ نُصَلِّيْ صَلَاةَ العِشَاءِ جَمَاعَةً. وَبَعْدَ ذلِكَ نَرْجِعُ إِلَى بُيُوْتِنَا.
Jam 06.00 sore tibalah waktu maghrib, saya shalat maghrib berjamaah di masjid, setelah itu saya mengaji ilmu-ilmu keagamaan bersama teman-teman di majlis ta’lim sekitar 1 jam. Tibalah waktu isya, kami shalat isya berjamaah, setelah itu kami pulang ke rumah masing-masing.

بَعْدَ مَا وَصَلْتُ إِلَى البَيْتِ أَتَعَشِّيْ مَعَ أُسْرَتِيْ فِيْ غُرْفَةِ الأَكْلِ، وَبَعْدَ ذلِكَ أُقِيْمُ بِالوَاجِبَاتِ المَنْزِيْلِيَّةِ ثُمَّ أُطَالِعُ المَادَّةَ الدِّرَاسِيَّةَ الَّتِيْ سَأَتَعَلَّمُ غَدًا، وَكَذلِكَ أُخْتِيْ الكَبِيْرَةِ وَأَخِي الصَّغِيْرِ، هُمَا يَدْرُسَانِ عَنْ مَادَتِهِمَا الدِّرَاسِيَّةِ، فَأَمَا أَبِيْ يَقْرَأُ المَجَلَّةَ.
Setibanya saya di rumah saya makan malam bersama keluarga di ruang makan, setelah itu saya menyelesaikan PR, kemudian membaca-baca materi pelajaran yang akan dipelajari besok, begitu juga dengan kakak perempuan dan adik laki-lakiku, mereka berdua belajar materi pelajaran mereka, adapun bapak saya membaca koran.


فِي السَّاعَةِ التَّاسِعَةِ لَيْلًا بَعْدَ مَا نَهَيْنَا عَنْ أَعْمَالِنَا اليَوْم نَنَامُ فِيْ غُرْفَتِنَا النَّوْم، قَبْلَهُ أَدْعُو اللهَ كَيْ حَيَاتَنَا مَمْلُوْءٌ بِالبَرَكَاتِ وَأَشْكُرُهُ عَلَى النِّعَمِ الَّتِيْ قَدْ أَعْطَانَا اليَوْمَ.
Jam 09.00 malam setelah kami selesai dengan aktifitas kami hari ini, kami tidur di kamar tidur, sebelumnya saya berdo’a kepada Allah supaya kehidupan kami selalu dilimpahi berkah, dan saya mengucap syukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan hari ini.


Untuk kegiatan sehari-hari dalam bentuk tabel yang dilengkapi waktunya kalian bisa membaca di sini:

Demikian uraian mengenai karangan bahasa arab tentang kegiatan sehari hari dan terjemah, semoga bermanfaat.

10 comments for "Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Kegiatan Sehari-hari dan Artinya"