Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Artikel Bahasa Arab Tentang Pentingnya Bahasa Arab dan Artinya

Artikel Bahasa Arab Tentang Pentingnya Bahasa Arab

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, Admin kali ini akan membagikan artikel tentang pentingnya bahasa Arab.

Bahasa Arab memiliki keistimewaan dan keunggulan luar biasa dibanding dengan bahasa-bahasa lain di dunia, bahasa Arab ialah bahasa yang abadi dan akan senantiasa terpelihara dalam kehidupan modern sekalipun dan sepanjang zaman, karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur'an dan As-Sunnah yang selalu dipelajari khususnya oleh umat muslim di dunia dan umumnya oleh seluruh masyarakat dunia yang mempelajarinya.

Jadikan teks bacaan atau paragraf bahasa arab tentang pentingnya bahasa arab dalam kehidupan modern dan terjemahnya ini sebagai media pembelajaran yaa sahabat, khususnya dalam meningkatkan kemampuan qiraah kita.

Berikut di bawah ini Artikel Bahasa Arab Tentang Pentingnya Bahasa Arab dan Artinya:

أَهَمِّيَّةُ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ وَمَكَانَتُهُا
(Urgensi dan Kedudukan Bahasa Arab)
تَعْرِيْفُ اللُّغَةِ العَرَبِيَّةِ
إِنَّ اللُّغَـةَ العَرَبِيَّـةَ مِنْ أَبْـرَزِ اللُّغَـاتِ عَلَى الإِطْـلَاقِ وَأَكْثَـرهَا جَزَالَـةً فِي الأَلْفَـاظِ وَقُـدْرَةً عَلَى اسْتِيْعَـابِ المَعَـانِي الجَلِيَّـةِ، إِذْ تُدْعَـى بِلُغَـةِ الضَّـادِ، وَهِـيَ لُغَـةٌ فَضْفَاضَـةٌ وَاسِعَـةُ المَـدَّى وَالبَيَـانِ.
Pengertian Bahasa Arab
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang paling menonjol di dunia, bahasa yang memiliki kekayaan lafadz dan bahasa yang mampu memahami makna-makna yang jelas, karenanya bahasa Arab sering disebut dengan lughatuddod, yaitu suatu bahasa yang mengalir, yang luas cakupan dan penjelasannya.

وَقَـدْ كَانَ العَـرَبُ سَابِقًـا يَتَفَـاخَرُوْنَ بِقُدْرَتِهِـمْ عَلَى نَظْـمِ الشِّعْـرِ وَضَـرْبِ الأَمْثَـالِ وَالنَّثْـرِ وَالبَلَاغَـةِ، وَمَـازَالَ اللِّسَـانُ العَرَبِـيُّ فَصِيْحًـا حَتَّـى اخْتَلَطَـتْ بِالعَـرَبِ عَنَـاصِرَ مِنَ العَجَـمِ الَّذِيْـنَ دَخَلُـوْا فِي الإِسْـلَامِ عَصْـرَ الدَّوْلَـةِ الأمويّـة، وَبِشَكْـلٍ أَكْبَـر فِيْ عَصْـرِ العَبَّـاسِيِّيْـنَ المُتَأَخِّـرِ؛ حَيْثُ أُعْجمَـتْ الأَلْسِنَـة وَتَأَثّـر بَرِيْـق لُغَـة الضَّـادِ، فَاحْتَـاجَ الأَمْـر أَنْ يَقِـفَ رجـال القَوَاعِـد لِضَبْـطِ الأَلْسِنَـةِ وَتَقْوِيْـمِ اعْوِجَاجِهَـا، وَتَنْقِيْحِهَـا مِنَ الدَّخَائِـلِ وَالمُصْطَلَحَـاتِ الَّتِـيْ لَيْسَـتْ مِنْهَـا.
Orang-orang Arab dulu begitu bangga akan kemampuannya menyusun sya’ir, membuat perumpamaan-perumpamaan dan balaghah, bahasa Arab masih sangat fasih sampai orang-orang Arab tercampur oleh unsur-unsur luar Arab yang masuk Islam pada masa pemerintahan Umayyah, terlebih pada masa akhir Abbasiyah, dimana bahasa-bahasa tercampur dan terpengaruh, maka dibutuhkanlah satu perkara agar seseorang dapat menetapkan kaidah-kaidah untuk mengoreksi bahasa dan mengevaluasi kesalahan-kesalahannya serta merevisinya dari bahasa-bahasa serapan dan istilah-istilah yang bukan dari bahasa Arab.

نشأة اللغة العربية
تُعتبـر اللّغـة العربيّـة من أقـدم اللّغـات، ويعـود أصلهـا إلى اللّغـات السّاميـة، وتُعتبـر الأقـرب إليهـا من بيـن جميـع اللّغـات التـي تعـود لنفـس الأصـل، ويعـود أصـل أقـدم نصـوصٍ عربيّـة عُثِـرَ عليهـا إلى القـرن الثّـالث بعد الميـلاد، وهـي نصـوص شعريّـةٌ جاهليّـةٌ تتميّـز ببلاغـة لغتهـا، وأسلوبهـا الرّاقـي، ووزنهـا الشعـريّ المُنتظـم، وتـرجح أغلـب الأقـوال بأنّ أصـل اللّغـة العربيّـة يعـود لبـلاد الحجـاز في شبـه الجزيـرة العربيّـة، وتطـوّرت مع الـزّمن نتيحـةً لعـدّة عوامـل، منهـا تعـدُّد الحضـارات وتعـدُّد لهجـاتها، وإقـامة الأسـواق المُختلفـة مثـل سـوق عكـاظ. وتُعتبـر الأسـواق من أبـرز العوامـل التـي أثّـرت وتسبّبـت في ظهـور اللّغـة العربيـة الفصيحـة وتطوّرهـا كثيـراً.
Perkembangan Bahasa Arab
Bahasa Arab dianggap sebagai bahasa tertua, berasal dari bahasa Semit, bahasa Arab juga dianggap yang paling dekat terhadap bahasa Semit ketimbang bahasa-bahasa lain yang berasal dari sumber yang sama, teks Arab tertua ditemukan pasa abad ke-3 Masehi, yaitu teks-teks syair Jahiliyah yang dicirikan dengan kebhilaga-an dan gaya bahasanya yang tinggi serta syairnya yang tersusun rapih, sebagian besar mengatakan bahwa asal-usul bahasa Arab bersumber dari Hijaz di semenanjung Arab, lalu berkembang seiring berjalannya waktu karena berbagai faktor, diantaranya karena faktor beragamnya peradaban dan lahjah/dialek Arab, juga karena berdirinya pasar-pasar yang banyak, seperti halnya saja pasar Okaz. Pasar-pasar dianggap sebagai faktor terpenting yang mempengaruhi dan menciptakan munculnya bahasa Arab yang fasihat, dan perkembangannya begitu pesat.

أهمية اللغة العربية ومكانتها
تُعتبـر اللّغـة بشكـل عـامّ من أهـمّ ميّـزات الإنسـان الطبيعيّـة والاجتمـاعيّـة، وهي الوسيلـة الأفضـل للتّعبيـر عن المشـاعر والاحتياجـات الخاصّـة بالفـرد والجمـاعة.
Urgensi dan Kedudukan Bahasa Arab
Bahasa secara umum dianggap sebagai salah satu karakteristik alami terpenting manusia dan masyarakat, karena bahasa merupakan media paling utama dalam menyampaikan perasaan serta kebutuhan khusus individu dan masyarakat.

وتأتـي أهميّـة اللّغـة العربيـة من أنّهـا من أحد مُكوّنـات المُجتمـع الرئيسيّـة، ومن أهـمّ عوامـل البنـاء في مُختلـف الحضـارات والثّقافـات، وهي السّبـب الرئيسـيّ في قيـام الدّول وإنشـاء المُجتمعـات المُختلفـة؛ لأنّ التّواصـل الذي يتـمّ عن طريـق اللّغـة هو اللّبنـة الأساسيّـة في عمليّـة البنـاء هـذه، وقـوّة وبلاغـة اللّغـة يُعبّـر بشكـل كبيـر عن تماسـك المجتمـع النّـاطق بهـا، واهتمـامه بهـا وبقواعدهـا، وعلومهـا، وآدابهـا، وضوابطهـا، وهذا يُعـدّ أجمـل أشـكال الـرُقيّ في التّفكيـر والسّلـوك لـدى المُجتمعـات المُحـافظـة على لغـتهـا.
Urgensi/pentingnya bahasa Arab adalah bahwa bahasa Arab merupakan salah satu komponen utama masyarakat dan faktor terpenting dalam membangun berbagai peradaban dan budaya, bahasa Arab merupakan sebab utama dalam pembentukan pemerintahan dan menciptakan beragam masyarakat, karena komunikasi dengan bahasa merupakan tumpukan bebatuan dasar dalam proses konstruksi pemerintahan, secara garis besar kekuatan dan ke bilagahan bahasa mencerminkan kekompakan masyarakat dalam bersuara dengan bahasa, perhatian mereka akan bahasa, begitu pula terhadap kaidahnya, ilmunya, etikanya dan standarnya, hal ini adalah bentuk pemikiran dan perilaku yang luhur yang dimiliki masyarakat yang menjaga akan bahasanya.

مزايا وخصائص العربية
تُعـدّ اللّغـة العربيّـة لغـةً خالـدةً، ولـن تنقـرض مع مـرور الـزّمن أبـداً، وهـذا حسـب دراسـة لجامعـة برمنجهـام أُجريـت للبحـث في بقـاء اللّغـات من عدمـه في المُستقبـل، وتتميّـز اللّغـة العربيّـة بالكثيـر من الميـزات التـي توجـد في لغـة الضّـاد فقـط ولا توجـد في غيـرها من اللّغـات، ويُذكَـر من هـذه الميـزات ما يأتـي:
Kelebihan dan Karakteristik Bahasa Arab
Bahasa Arab dianggap sebagai bahasa yang abadi, bahasa Arab selamanya tidak akan punah sepanjang zaman, hal ini menurut sebuah studi di Universitas Birmingham yang melakukan riset terhadap kekekalan bahasa atau tidak di masa depan, bahasa Arab dicirikan oleh banyak kelebihan yang salah satunya saja terdapat dalam lughatuddhad, hal ini tidak dapat ditemukan di bahasa-bahasa selainnya, lengkapnya kelebihan bahasa Arab dapat dilihat melalui hal-hal di bawah ini:

1.   الفصاحـة: وهـي أن يخلـو الكـلام ممّـا يشوبـه من تنـافرٍ بالكلمـات، وضعـف التّأليـف، والتّعقيـد اللفظـيّ.
2.   التّـرادف: وهـو أن يـدلّ عـددٌ من الكلمـات على نفـس المَعنـى المـراد.
3.   الأصـوات ودلالتـها على المعـاني: بمعنـى أن يفهـم معنـى الكلمـة بشـكلٍ عـامّ أو دقيـق من خـلال الصّـوت فقـط، وهـذه من أهـمّ الميـزات الخـاصّة باللّغـة العربيّـة.
4.   كثـرة المُفـردات: تزخـر اللّغـة العربيّـة بعـددٍ وافـرٍ جـدّاً من المُفـردات، ولا تحتـوي لغـةٌ أخـرى على عدد أكثـر أو يُسـاوي العـدد الذي تحتـويه لغـة الضّـاد.
5.   علم العـروض: وهو العلـم الـذي ينظـم أوزان الشّعـر وبحـوره، ويضـع القـواعد الرئيسيّـة لكتابـة الشّعـر، ممّـا جعل الشّعـر العربـيّ هو الأكثـر بلاغـةً وفصاحـةً نتيجـةً لاتّباعـه أوزانٍ مُحـدّدة، وقواعـدَ رئيسيّـةٍ.
6.   الثّبـات الحـرّ: من أكبـر التّحديـات التـي واجهتهـا العربيّـة هو ثباتهـا وانتصارهـا على عامـل الزّمـن والتطـوّر، في حيـن أنّ اللّغـات الأخـرى مثـل الإنجليزيـة قد تطـوّرت واختلفـت بشكـل كبيـر عبر الـزّمن.
7.   التّخفيـف: وهـو أن أغـلب المُفـردات في اللّغـة العربيّـة أصلهـا ثـلاثيّ، ثم يـأتي الأصل الربـاعيّ، ثمّ الخُمـاسيّ على التّـرتيب في كثـرة انتشـاره في أصـول المُفـردات العربيّـة.
1. Fasihat: yaitu ucapan yang bebas dari kejanggalan kata-kata, kelemahan komposisi dan kompleksitas verbal.
2. Taraduf: yaitu banyak kata yang menunjukkan satu makna.
3. Suara dan dilalahnya pada makna: dalam artian bahwa secara umum atau khusus makna kalimat dapat dipahami dari sisi suaranya saja, hal ini kelebihan utama dan khusus dimiliki oleh bahasa Arab.
4. Kaya akan kosakata: bahasa Arab sangat berlimpah dalam hal kosakata, kosakatanya memiliki jumlah yang sangat banyak, dan tak ada satupun bahasa lain yang melebihi atau menyamai jumlah kosakata yang dimiliki lughatuddhad.
5. Ilmu ‘Urud: yaitu ilmu yang mengatur wazan-wazan syair dan modifikasinya, menetapkan kaidah-kaidah dasar dalam menulis syair, yang membuat syair-syair/puisi-puisi Arab paling bilaga dan fasihat yang hal ini merupakan hasil dari mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan dan kaidah-kaidah dasar.
6. Stabilitas kebebasan: salah satu tantangan terbesar yang dihadapi bahasa Arab adalah stabilitas dan kemenangannya atas faktor waktu dan perkembangan, sementara bahasa-bahasa lain seperti halnya saja bahasa Inggris telah berkembang dan bervariasi dalam skala besar dari waktu ke waktu.
7. Ringan: yaitu bahwa kebanyakan kosakata bahasa Arab asalnya bentuk tsulasi (tiga huruf), kemudian diikuti bentuk ruba’i (empat huruf), kemudian diikuti khumasi (lima huruf) secara tertib yang banyak tersebar dalam asal-usul kosakata bahasa Arab.

Demikian uraian mengenai teks bacaan mengenai Artikel Bahasa Arab Tentang Pentingnya Bahasa Arab dan Artinya, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel bahasa Arab lainnya: 

Post a Comment for "Artikel Bahasa Arab Tentang Pentingnya Bahasa Arab dan Artinya"