Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Menjaga Kesehatan dan Artinya

cerita bahasa arab tentang kesehatan

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, Admin kali ini akan membagikan cerita pendek bahasa arab tentang kesehatan.

Kesehatan adalah harta yang mahal, ia merupakan nikmat yang agung yang telah Allah karuniakan pada kita, maka semestinya kita menjaganya dengan baik.

Di bawah ini ada artikel bahasa arab tentang menjaga kesehatan, yang isinya berupa nasihat-nasihat agar hidup kita sehat. Jadikan teks paragraf bahasa Arab tentang kesehatan ini sebagai media pembelajaran yaa sahabat khususnya insya/mengaran dan juga qiraah/membaca. Juga jangan lupa untuk diamalkan

Berikut di bawah ini Karangan Bahasa Arab Menjaga Kesihatan dan Artinya:

الرِّعَايَةُ الصِّحِّيَّةُ
(Menjaga Kesehatan)

لِكَيْ يَكُوْنَ جِسْمُنَا صَحِيْحًا، يَنْبَغِيْ أَنْ نُمَارِسَ مَا يَلِيْ:
1.   نَأْكُلُ الغِذَاءَ الطَّيِّبَ
2.   نُمَارِسُ الرِّيَاضَةَ البَدَنِيَّةَ
3.   نَنَالُ الرَّاحَةَ الكَافِيَةَ
Agar tubuh kita sehat kita mesti mempraktekkan hal-hal di bawah ini:
1.      Makan makanan yang baik
2.      Olahraga fisik
3.      Istirahat yang cukup

نَأْكُلُ الغِذَاءَ الطَّيِّبَ، لِأَنَّ الغِذَاءَ مَصْدَرُ الطَّاقَةِ اللَّزِمَة لِلْعَمَلِ. وَالغِذَاءُ الطَّيِّبُ هُوَ الَّذِيْ يَحْتَوِيْ عَلَى المَوَادِّ الضَّرُوْرِيَّةِ لِلصِّحَّةِ مِثْلُ البَرُوْتِيْنَاتِ وَالفِيْتَامِيْنَاتِ.
Kita mesti makan makanan yang baik, karena makanan adalah sumber energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas. Makanan yang baik maksudnya ialah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk kesehatan seperti protein dan vitamin.



نُمَارِسُ الرِّيَاضَةَ، لِأَنَّ الرِّيَاضَةَ تُسَاعِدُ العَضَلَاتِ عَلَى النُّمُوِّ وَتَجْعَلُ الجِسْمَ يَعْمَلُ بِلِيَاقَةٍ. وَيَنْصَحُ الأَطِبَّاءُ بِمُمَارَسَةِ الرِّيَاضِيَّةِ البَدَنِيَّةِ فِيْ أَوْقَاتٍ مُنَاسِبَةٍ. وَمِنْ أَهَمِّ أَنْوَاعِ الرِّيَاضَةِ الجَرْيُ وَالسِّبَاحَةُ وَلَعْبُ الكُرَةِ.
Kita mesti berolahraga, karena olahraga dapat membuat otot-otot berkembang dan membuat tubuh dapat bekerja dengan bugar. Para dokter memberikan nasehat agar berolahraga jasmani di waktu-waktu yang tepat. Diantara olahraga yang paling bagus ialah lari, renang dan bermain bola.

وَيَنْبَغِـيْ كَـذلِكَ أَنْ نَهْتَـمَّ بِرِيَـاضَةِ الـرُّوْحِ وَالنَّفْـسِ، كَقِـرَاءَةِ القُـرْآنِ، وَنَـوَافِلِ الصَّلَـوَاتِ، وَتِـلَاوَةِ الأَذْكَارِ. وَالصَّـلَاةُ أَيْضًـا تَسْتَطِيْـعُ أَنْ تُنَشِّـطَ الجِسْـمَ وَتَبْـعَثُ الـرَّاحَةَ فِيْ نَفْـسِ الإِنْسَـانِ. وَكَانَ النَّبِـيُّ ص.م. يَرْتَـاحُ بِالصَّـلَاةِ، وَيَقُـوْلُ لِبِـلَالٍ: "يَا بِـلَال أَرِحْنَـا بِالصَّـلَاةِ" أخرجـه أحمـد في مسنـده.
Penting juga untuk memberi perhatian pada olahraga ruhani dan jiwa, seperti membaca Al-Qur’an, shalat sunat dan berdzikir. Shalah juga dapat membuat tubuh menjadi aktif dan melahirkan ketenangan terhadap jiwa manusia. Nabi SAW. beristirahat dengan shalat, Nabi berkata pada Bilal: “Wahai Bilal tenangkanlah kita dengan shalat” HR. Ahmad dalam musnadnya.



وَيَنْبَغِيْ كَذلِكَ أَنْ نَهْتَمَّ بِالرَّاحَةِ، فَالرَّاحَةُ ضَرُوْرِيَّةٌ لِلصِّحَّةِ كَالغِذَاءِ وَالشَّرَابِ. وَيَكُوْنُ النَّوْمُ أَهَمَّ رَاحَةٍ لِلإِنْسَانِ وَمِنَ العَادَتِ المُفِيْدَةِ أَنْ يَنَامَ الإِنْسَانُ مُبَكِّرًا وَأَنْ يَسْتَيْقِظَ مُبَكِّرًا.
Begitu juga kita mesti memberi perhatian terhadap istirahat, istirahat itu penting bagi kesehatan seperti halnya makanan dan minuman. Tidur adalah istirahat manusia paling utama, diantara kebiasaan baik bahwa tidur itu mesti lebih awal dan bangun pagi-pagi.

الصِّحَّـةُ نِعْمَـةٌ عَظِيْمَـةٌ أَنْعَـمَ اللهُ بِهَـا عَلَى الإِنْسَـانِ. فَيَـجِبُ عَلَيْـهِ أَنْ يُحَـافِظَ عَلَيْهَـا. قَـالَ حَكِيْـمٌ: "الصِّحَّـةُ تَـاجٌ عَلَى رُؤُوْسِ الأَصِحَّـاءِ لَا يَعْـرِفُهُ إِلَّا المَـرْضَى"

Sehat merupakan nikmat agung yang telah Allah karuniakan pada manusia. Maka manusia mesti menjaganya. Seorang bijak pernah berkata: “Kesehatan itu adalah mahkota bagi orang-orang yang sehat yang tak dapat dirasakan kecuali oleh orang yang sakit”.

Demikian uraian mengenai insya bahasa arab menjaga kesehatan, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Post a Comment for "Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Menjaga Kesehatan dan Artinya"