Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Nabi Ayub dalam Bahasa Arab dan Artinya

Kisah Nabi Ayyub dalam Bahasa Arab dan Artinya

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, Admin kali ini akan membagikan cerita Nabi Ayyub dalam bahasa Arab dan terjemahannya.

Di dalam setiap kisah-kisah nabi selalu tersimpan mutiara hikmah yang menjadi pelajaran berharga bagi kita, semisal dalam kisah Nabi Ayub ini, dimana Nabi Ayyub begitu memiliki kesabaran yang amat kuat dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah SWT. karena ia merasa sadar bahwa apapun yang menimpanya adalah atas kehendak Allah SWT.

Sebagai seorang mukmin tentu kita mesti meneladani sikap sabar Nabi Ayub tersebut, meski memang kesabaran itu berat dilakukan namun yakinlah buahnya akan sangat sangat terasa manis.

Sebagai pembelajar bahasa Arab mesti tahu juga kisah-kisah Nabi tersebut dalam teks yang berbahasa Arab, dalam rangka melatih kemahiran qiraah kita atau mengasah kemampuan kita dalam menerjemahkan teks-teks berbahasa Arab ke bahasa Indonesia.

Admin kali ini akan membagikan teks artikel atau paragraf Kisah Nabi Ayub dalam Bahasa Arab dan Terjemahannya, semoga ini dapat menjadi media pembelajaran bahasa Arab yang baik.

Berikut di bawah ini Kisah Nabi Ayyub dalam Bahasa Arab dan Artinya:

قصة النبي أيوب
(Kisah Nabi Ayyub)

قصـة النبـي أيـوب –عليـه السـلام- من القصـص الـتي ذكـرَها الله في القـرآن الكريـم، حيـث كان أيـوب –عليـه السـلام- رجـلًا يمـلك المـال الكثيـر والأبنـاء، وكان لـه أراضٍ واسعـة فيهـا الكثيـر من الأنعـام والمـواشي والكثيـر من الخـدم الذيـن يقومـون على خدمتـه، وكان عابـدًا لله يشكـره على نعمـه كل يـومٍ ويسجـد له ويـؤمن بـه، وجـرت أحـداث قصـة أيـوب –عليـه السـلام- في أرض حـوران في الشـام، وظـلّ كـذلك حـتى ابتـلاه الله تعـالى بثـلاث محـنٍ صعبـة: أولـها أن الله ابتـلاه بأخـذ أمـواله وأراضيـه منـه، ولـم يبـقَ عنـده شـيء، ثـم ابتـلاه الله في جسـده، فأصابـه سقـمٌ جعـل النـاس تنفـر منـه، ثم تخلّـى عنـه الجميـع ورحـل أولاده عنـه ولـم يبـقَ معـه إلا زوجتـه الـتي أشفقـت عليـه وبقيـت ترعـاه رغـم كل الظـروف، خصوصًـا بعـد أن طـرده النـاس خـارج البلـدة خـوفًا من انتقـال المـرض إليهـم.
Kisah Nabi Ayyub As. merupakan diantara kisah-kisah yang disebutkan Allah di dalam Al-Qur’an. Nabi Ayyub As. adalah seorang lelaki yang memiliki banyak harta dan anak, ia juga memiliki tanah yang luas, di tanahnya tersebut banyak binatang-binatang ternak, dan banyak para pelayan yang melayaninya. Ia selalu beribadah kepada Allah, bersyukur setiap hari atas segala nikmat-Nya, bersujud dan beriman kepada-Nya. Kisah-kisah Nabi Ayyub As. terjadi di tanah Hawran di Syam, keadaan Nabi Ayyub tetap demikian sampai Allah mengujinya dengan tiga cobaan yang berat: pertama, Allah mengujinya dengan mengambil harta dan tanahnya, dan Allah tidak menyisakannya sedikitpun, kemudian Allah mengujinya terhadap tubuhnya, Allah menimpakannya penyakit yang membuat orang-orang menghindarinya, lalu semua orang meninggalkannya, anak-anaknya pun pergi meninggalkannya, sampai tidak ada seorangpun yang menemaninya kecuali istrinya yang merasa kasihan padanya, ia tetap menjaganya di segala kondisinya, khususnya setelah Nabi Ayyub diusir orang-orang keluar kota karena takut penularan penyakitnya kepada mereka.

لـم يبـقَ من جسـد أيـوب –عليـه السـلام- شـيءٌ سليـم من المـرض إلا قلبـه ولسانـه، وظـلّ يذكـر الله فيهمـا ويسبحـه، وبعـد أن يقـي أيـوب –عليـه السـلام- وحيـدًا، اضطـرت زوجتـه للخـروج من بيتـها للعمـل وجلـب الطعـام لـه، وأصبحـت تعمـل عند الـناس، وعنـدما كانـوا يعلمـون أنهـا زوجـة أيـوب كانـوا ينفـرون منهـا ويرفضـون استخـدامهـا لخوفـهم من انتـقال مـرض زوجهـا إليهـم، واشتـدّ الحـال على أيـوب –عليـه السـلام- لكـنّ زوجتـه الـتي ظـلت صابـرة معـه، وفـي يـوم عجـزت عـن جلب الطـعام لـه لأنهـا لـم تجـد من تـعمل عنـده، فاضطـرت لبيـع ضفيـرتها، وجلب الطـعام بالـنقود الـتي أخذتهـا منهـا.
Tidak tersisa sedikitpun dari tubuh Nabi Ayyub yang sehat kecuali hati dan lisannya, hati dan lisannya tetap berdzikir dan bertasbih kepada Allah, setelah Nabi Ayyub As. dijaga sendirian, istrinya terpaksa keluar dari rumahnya untuk bekerja dan membawa makanan kepadanya, jadinya ia bekerja bersama orang-orang, tatkala orang-orang tersebut mengetahui bahwa ia adalah istri Nabi Ayyub, mereka lalu menghindarinya dan menolak melayaninya karena takut tertular penyakit suaminya. Keadaan Nabi Ayyub As. semakin sulit, akan tetapi istrinya tetap sabar menemaninya, suatu hari istri Nabi Ayyub As.  tidak dapat membawa makanan untuk Nabi Ayyub As. Karena ia tidak menemukan seorangpun yang bekerja untuknya, terpaksalah ia untuk menjual lembunya dan membeli makanan dengan uang hasil dari penjualannya tersebut.

عنـدما جـاءت زوجـة أيـوب بالطـعام لـه، سألـها عن مصـدر هـذا الطـعام، ورفـض أن يـأكل منـه إلّا بعـد أن تخبـره من أيـن أتـت بـه، فمـا كان منهـا إلّا أن كشفـت عـن رأسهـا، فعـرف أيـوب –عليـه السـلام- أنهـا بـاعت ضفيـرتهـا، فاشتـدّ عليـه الحـزن، فدعـا ربّـه وقـال: "أَنِّـي مَسَّـنِيَ الضُّـرُّ وَأَنـتَ أَرْحَـمُ الرَّاحِمِيـنَ"، فاستجـاب الله تعـالى لـه، وأعـاد لـه صحتـه وأصبـح جميـل الهيئـة مثلمـا كان، وعوضـه الله بالأمـوال والأولاد، ويقـول الله تعـالى عن قصـة أيـوب –عليـه السـلام-: "وَآَتَيْنَـاهُ أَهْلَـهُ وَمِثْلَهُـمْ مَعَهُـمْ رَحْمَـةً مِـنْ عِنْـدِنَا وَذِكْـرَى لِلْعَابِـدِينَ".
Ketika istri Nabi Ayyub datang membawa makanan untuknya, ia menanyakan tentang asal makanan itu, ia menolak untuk memakannya sampai ia memberitahukan asal makan itu darimana, tetapi dia tidak mengungkapkan isi kepalanya, akhirnya Nabi Ayyub As. Tahu bahwa istrinya menjual lembunya, maka semakin sedihlah ia, ia lalu berdo’a kepada Tuhannya “(Wahai Rabbku), sungguh-aku-telah ditimpa-penyakit-parah, padahal-Engkau-Tuhan-Yang-Maha-Penyayang-dari-semua yang-penyayang”, lalu Allah mengabulkan do’anya, dan memulihkan kesehatannya, penampilannya lalu menjadi indah seperti sedia kala, dan Allah menggantinya dengan harta dan anak-anak. Allah SWT. berfirman tentang kisah Nabi Ayyub As. “...dan-Kami-kembalikan-keluarganya-kepadanya, dan-Kami-lipat-gandakan bilangan-mereka, sebagai-suatu-rahmat-dari-sisi-Kami-dan-untuk-menjadi peringatan-bagi-semua-yang-menyembah-Allah”.

فـي قصـة أيـوب –عليـه السـلام- مثـال على قـوة الصبـر على البـلاء، فالإنسـان المـؤمن يصبـر على ما يُصيـبه مـن مرض وفقـدان مهـما كان، لأنّـه يعلـم جيـدًا أن كل شـيء بأمـر الله تعـالى، ومن يصبـر ويحتسـب يُعـوضه الله تعـالى عن جـزاء صبـره بالكثيـر من العطـايا، تمـامًا مثلمـا حصـل في قصـة أيـوب –عليـه السـلام-، الـذي عوّضـه الله تعـالى عـن كلّ مـا مـرّ بـه من بـلاء.

Dalam kisah Nabi Ayyub As. Merupakan satu contoh atas kuatnya kesabaran dalam menghadapi cobaan, maka sejatinya seorang mukmin mesti bersabar atas cobaan seperti ditimpa penyakit dan kehilangan apapun itu, karena seorang mukmin tahu betul bahwa segala sesuatu itu atas perintah Allah SWT. barang siapa yang bersabar dan ikhlas, Allah SWT. akan mengganti dan membalas kesabaran tersebut dengan anugerah-anugerah yang banyak, secara pasti seperti halnya yang terjadi dalam kisah Nabi Ayyub As. Yang telah Allah ganti dari setiap cobaan yang telah dilewatinya.

Demikian uraian mengenai Cerita Nabi Ayyub dalam Bahasa Arab dan Artinya, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Kisah Nabi Ayub dalam Bahasa Arab dan Artinya"