Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Puasa Ramadhan dan Artinya

karangan bahasa arab tentang bulan puasa ramadhan

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, di bulan Ramadhan ini Admin akan membagikan Cerita Bahasa Arab tentang Puasa Ramadhan beserta Artinya.

Tentu kita bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk kembali bertemu dengan bulan yang istimewa ini, bulan yang begitu mulia dan agung, dimana jika kita beramal baik akan dilipat gandakan berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus kali lipat.

Jadikan bulan Ramadhan ini sebagai sarana dalam memperkokoh keimanan kepada Allah dan kesabaran kita, semoga kita menjadi pribadi-pribadi yang lebih berkualitas lagi.

Nah sahabat pecinta bahasa Arab mesti mahir juga dong menceritakan bulan Ramadhan atau menceritakan pengalaman pribadi puasa di bulan Ramadhan menggunakan bahasa Arab, supaya kemahiran mengarang (insya) bahasa Arab kita makin bagus dan apik.

Admin kali ini akan membagikan Karangan Bahasa Arab tentang Puasa Ramadhan dan Artinya, semoga tulisan ini menjadi media dalam meningkatkan kemampuan kita dalam mengarang bebas bahasa Arab.

Berikut di bawah ini Karangan Bahasa Arab Tentang Puasa Ramadhan Beserta Terjemahannya:

صَوْمُ رَمَضَانَ
(Puasa Ramadhan)

حَانَ شَهْرُ رَمَضَانَ، وَأَنَا مُمْتَنٌّ لِلْغَايَةِ لِكَوْنِيْ قَادِرًا عَلَى اللِّقَاءِ مَرَّةً أُخْرَى مَعَ هَذا الشَّهْرِ المُفْتَخَرِ، وَهُوَ شَهْرٌ عَظِيْمٌ مُبَارَكٌ، حَيْثُ هُنَاكَ لَيْلَةٌ ذَاتُ قِيْمَةٍ أَفْضَل مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، وَهُوَ لَيْلَةُ القَدْرِ وَهُنَاكَ أَيْضًا شَهْرُ الاِخْتِيَارِ حَيْثُ فِيْهِ أَنْزَلَ اللهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى القُرْآنَ الكَرِيْمَ.
Bulan Ramadhan telah tiba, aku sangat bersyukur dapat berjumpa kembali dengan Bulan yang istimewa ini, bulan yang agung dan penuh berkah, yang di dalamnya terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, dialah Lailatul Qadar dan juga bulan pilihan dimana Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT.

إِسْمِيْ أَحْمَد، سَأُحْكِيْ قِصَّةَ صَوْمِيْ فِيْ هذَا شَهْرِ رَمَضَانَ. فِيْ هذَا شَهْرِ رَمَضَانَ أَعْتَزِمُ أَنْ أَكُوْنَ جَادًا فِي الصِّيَامِ، وَلَيْسَ أُمْسِكُ عَنِ الجُوْعِ وَالعَطَشِ فَحَسْبُ، بَلْ سَأُحَاوِلُ الاِمْتِنَاعَ عَنْ كُلِّ الذُّنُوْبِ وَالأَشْيَاءِ الَّتِيْ لَا تَسْتَحِقُّ القِيَامُ بِهَا، بَدَلاً مِنْ ذلِكَ أَسْتَبْدِلُهَا بِأَعْمَالٍ حَسَنَةٍ.
Namaku Ahmad, aku akan menceritakan kisah puasaku di bulan ramadhan kali ini. Di bulan Ramadhan ini aku berniat bersungguh-sungguh dalam berpuasa, bukan hanya menahan lapar dan dahaga, aku akan mencoba menahan diri dari segala dosa dan hal-hal yang tak patut dilakukan, sebaliknya aku menggantikannya dengan amal-amal yang baik.



فِيْ تِلْكَ اللَّيْلَةِ الَّتِيْ اِنْتَهَتْ فِيْهَا صَلَاةُ المَغْرِبِ بَعْدَ أَنْ عَقَدَتْ وِزَارَةُ الدِّيْنِ اِجْتِمَاعًا لِجَمَاعَةٍ إِسْلَامِيَّةٍ وَوَافَقُوْا عَلَى أَنَّ بِدَايَةَ صِيَامِ رَمَضَانَ بَدَأَتْ غَداً، وَهذَا يَعْنِيْ أَنَّ صَلَاةَ التَّرَاوِيْحِ تُبْدَأُ اليَوْمَ بَعْدَ صَلَاةِ العِشَاءِ.
Petang itu ketika Shalat Maghrib usai telah dilakukan sidang isbat oleh Kementrian Agama dan sepakat bahwa awal puasa ramadhan dimulai esok hari, ini berarti Shalat Tarawih dimulai hari ini setelah shalat Isya.

بَعْدَ فَتْرَةٍ مِنَ الوَقْتِ تَرَدَّدَ صَدَى صَوْتِ أَذَانِ العِشَاءِ مِنْ شَرْقِ مَنْزِلِيْ، كَانَ الجِيْرَانُ مَشْغُوْلِيْنَ بِالْخَارِجِ لِلذِّهَابِ إِلَى صَلَاةِ العِشَاءِ فِي المَسْجِدِ جَمَاعَةً، وَفِيْ ضِمْنِهِمْ النِّسَاءُ. أَهْرَعُ عَلَى الفَوْرِ إِلَى الحَمَّامِ لِأَتَوَضَّأ ثُمَّ أَذْهَبُ إِلَى المَسْجِدِ مَعَ عَائِلَتِيْ لِأَدَاءِ صَلَاةِ العِشَاءِ وَالتَّرَاوِيْحِ جَمَاعَةً.
Selang beberapa waktu Suara Adzan Isya menggema dari sebelah timur rumahku, para tetangga tengah ramai di luar untuk pergi berjamaah shalat isya di masjid, tak terkecuali para wanita. Akupun segera bergegas ke kamar mandi mengambil air wudhu dan lalu pergi ke masjid bersama keluargaku hendak melakukan shalat isya dan tarawih berjamaah.

تَمَّ قِيَامُنَا بِصَلَاةِ العِشَاءِ، وَبَعْدَهُ نَقُوْمُ بِالذِّكْرِ قِرَاءَةَ التَّسْبِيْحِ وَالتَّحْمِيْدِ وَالتَّهْلِيْلِ مَعًا، وَبِالتَّالِيْ نَقُوْمُ بِأَدَاءِ صَلَاةِ سُنَّةِ بَعْدَ العِشَاءِ. وَبَعْدَ صَلَاةِ سُنَّةِ بَعْدَ العِشَاءِ نَسْتَمِعُ مُحَاضَرَةً قَصِيْرَةً مِنْ دَاعِيْ الَّذِيْ كَانَ مِنَ المُقَرَّرِ فِي السَّابِقِ. وَبَعْدَ ذلِكَ أَقُمْنَا بِصَلَاةِ التَّرَاوِيْحِ جَمَاعَةً مَعَ الإِخْلَاصِ.
Shalat isyapun telah selesai kami laksanakan, lalu kami berdzikir seraya membaca tasybih, tahmid dan tahlil bersama, setelah itu kami melakukan shalat sunnah ba’da isya. Sesusai shalat sunnah ba’da isya seperti kami mendengar ceramah singkat dengan seksama dari da’i yang telah dijadwalkan sebelumnya. Setelah itu kami melakukan shalat tarawih berjamaah dengan penuh kesungguhan.

بَعْدَمَا انْتَهَيْنَا مِنْ صَلَاةِ التَّرَاوِيْحِ وَالوِتْرِ جَمَاعَةً، نَذْكُرُ اللهَ وَنَدْعُوْ إِلَيْهِ مَعًا وَنَنْوِيْ بِالصِّيَامِ غَدًا، ثُمَّ نُوَاصِلُ بِتَدَارُسِ القُرْآنِ مَعًا حَوَلَيْ سَاعَةً. وَبَعْدَهُ لَمْ أَذْهَبْ إِلَى المَنْزِلِ مُبَاشَرَةً، لَكِنْ أَدْرُسُ مَعَ أَصْدِقَائِيْ إِلَى مُدَرِّسِنَا الدِّيْنِيْ فِيْ مَجْلِسِ التَّعْلِيْمِ عَنِ العُلُوْمِ الدِّيْنِيَّةِ مِثْلِ القُرْآنِ، وَالتَّجْوِيْدِ، وَكَيْفِيَةِ الصَّلَاةِ، وَالقِصَصِ الإِسْلَامِيَّةِ وَغَيْرِهَا. دَرَسْنَا هُنَاكَ لِمُدَّةِ سَاعَةٍ.
Setelah selesai shalat tarawih dan withirnya berjamaah kami berdzikir dan berdo’a bersama serta berniat puasa untuk esok hari, lalu dilanjutkan dengan tadarusan bersama sekita satu jam. Setelah selesai tadarus Al-Quran aku tak langsung pulang ke rumah, aku dan teman-temanku mengaji terlebih dahulu kepada guru ngaji kami mengenai ilmu-ilmu keagamaan seperti Al-Qur’an, ilmu tajwid, tata cara shalat, kisah-kisah keislaman dll. di majlis ta’lim, kami mengaji di sana sekitar 1 jam.

بَعْدَ نَهَيْنَا عَنِ التَّعَلُّمِ فِي مَجْلِسِ التَّعْلِيْمِ نَرْجِعُ إِلَى مَنَازِلِنَا، فَأَنَا أَرْجِعُ إِلَى مَنْزِلِيْ، فَفِي المَنْزِلَ أَتَحَدَّثُ مَعَ عَائِلَتِيْ لِفَتْرَةٍ مِنَ الوَقْتِ، وَبَعْدَ ذلِكَ أَنَامُ وَعَائِلَتِيْ.
Setelah selesai mengaji di majlis ta’lim kami pulang ke rumah masing-masing, akupun pergi ke rumahku, di rumah aku bercengkrama bersama keluarga sebentar, setelah itu aku dan keluargaku tidur.

فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ صَبَاحًا تَقْرِيْبًا استيقظت من والدتي لأداء السحور، لم أكن أستيقظ بنفسي في ذلك الوقت ممكنًا بسبب الاستيقاظ في الساعة الرابعة صباحًا أو الرابعة والنصف صباحًا عادة. تبين أن الأم قد أعدت الطعام، فتناولنا الطعام معًا، وكانت هناك أمي وأبي وأختي الصغيرة التي كانت تدرس في الصف الخامس من المدرسة الإبتدائية.
Pagi hari sekitar jam 03.00 pagi aku dibangunkan ibuku untuk melaksanakan sahur, aku tak bangun sendiri kala itu mungkin karena kebiasaan bangun pada jam 04.00 atau 04.30 pagi. Makanan ternyata sudah disiapkan oleh ibu, kamipun sahur bersama, ada ibu, ayah, dan adik perempuanku yang masih kelas 5 MI.

فَأَصُوْمُ مِنَ الجُوْعِ وَالعَطَشِ، وأُحَاوِلُ أن أصوم قدر الإمكان من قول الأكاذيب والقيام بأشياء غير مناسبة للقيام بها، وعلى العكس من ذلك فإنني ممتلئ بأشياء مفيدة مثل تدارس القرآن، وأحاول أن أفهم ترجمته وتفسيره شيئًا فشيئًا، وأتعلم علوم الدينية في مجلس التعليم وسماع محاضرة قصيرة في شاشة التلفزيون.
Akupun berpuasa dari rasa lapar dan dahaga, dan sebisa mungkin aku juga berpuasa dari berkata dusta dan melakukan hal-hal yang tidak pantas dilakukan, sebaliknya aku isi dengan hal-hal yang bermanfaat seperti tadarus Al-Quran, mencoba memahami terjemah dan tafsirnya sedikit demi sedikit, mengaji ke Majlis Ta’lim dan mendengar kultum-kultum di televisi.

الْحَمْدُ لله، أَنَا وَعَائِلَتِيْ نَسْتَطِيْعُ الصِّيَامَ تَمَامًا حَتَّى المَغْرِبِ، فَنُفْطِرُ بِالفَرْحِ. أَخِيْرًا، أَأْمُلُ أَنْ يَكُوْنَ هَذَا شَهْرُ رَمَضَانَ وَسِيْلَةً لِتَحْسِيْنِ جَوْدَةِ شَخْصِيَّتِيْ لِلْأَفْضَلِ.
Alhamdulillah aku dan sekeluarga dapat berpuasa penuh sampai Maghrib, lalu kami berbuka bersama dengan suka cita. Akhirnya, aku berharap Ramadhan kali ini dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kualitas pribadiku menjadi lebih baik.

Demikian uraian mengenai cerita tentang bulan ramadhan dalam bahasa arab, karangan bahasa arab spm tentang puasa, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Post a Comment for "Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Puasa Ramadhan dan Artinya"