Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Hadits Kasih Sayang Man La Yarham La Yurham

hadits man la yarham la yurham

Man laa yarham laa yurham adalah sebuah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dan Muslim atau Muttafaq ‘Alaih.

Kita akan coba bahas secara mendalam tulisan Arab man la yarham la yurham, beserta arti dan penjelasannya di bawah:

1. Arti man man la yarham la yurham

Arti man la yarham la yurham adalah barang siapa tidak menyayangi maka tidak akan disayangi.


2. Tulisan Arab man la yarham la yurham

Tulisan Arab man la yarham la yurham adalah مَنْ لَا يَرْحَمْ لَا يُرْحَمْ , yang artinya barang siapa tidak menyayangi maka tidak akan disayangi.


3. Penjelasan hadits man la yarham la yurham

Man la yarham la yurham adalah sebuah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dan Muslim atau muttafaq ‘alaih. Artinya hadits ini begitu kuat dari sisi sanad dan riwayatnya.

Man la yarham la yurham hadits tersebut menjelaskan tentang kasih sayang. Kandungan hadits tersebut ialah sebagai muslim kita dituntut untuk berlaku kasih sayang baik kepada sesama manusia ataupun kepada makhluk-makhluk Allah yang lain seperti hewan dan tumbuhan.

Ada sebuah konsekuensi jika kita tidak berlaku kasih sayang yaitu orang lainpun tidak akan menyayangi kita bahkan hewan dan alam sekalipun tidak akan ramah kepada kita. Kita ambil contoh, jika kita kasar dan dan tidak ramah kepada orang maka orang lain akan cenderung berlaku sama kepada kita, karena orang tidak suka dikasari. Contoh lain jika kita tidak kasih sayang sama hewan, kucing misalnya, maka kucing tidak akan nurut sama kita dan akan menjauh dari kita. Demikian juga jika kita merusak alam seperti membuang sampah sembarangan di sungai atau lautan, menebang dan membakar pohon sembarangan dll maka biasanya alam akan membalas dengan banjir dan gempa.

Perlu diketahui bahwa kasih sayang adalah salah satu nama dan sifat Allah yaitu: Ar-Rahmaan dan Ar-Rahiim, demikian pentingnya sampai-sampai kedua asma dan sifat tersebut disebut pertama kali dalam Al-Qur’an sebagai sumpah yaitu: Bismillaahirrahmaanirrahiin. Kasih sayang Allah melebihi amarah-Nya, makanya Allah itu Maha pemaaf bahkan kepada orang yang melakukan dosa yang sangat banyak, jika dia benar-benar bertaubat kepada Allah.

Sifat ini perlu ditiru oleh hamba-Nya agar kita agar kita mendapatkan ridha-Nya. Allah yang maha besarpun begitu pemaaf dan penyayang, masa kita sebagai makhluk yang tak berdaya tidak bisa memaafkan dan berlaku kasih sayang, ingatlah jika kita berlaku lemah lembut Allah dan semua makhluk-Nya akan sayang kepada kita.

Demikianlah uraian mengenai hadist kasih sayang man la yarham la yurham dari aspek bahasa, mohon maaf bila ada kesalahan dan silahkan dikoreksi, syukran.

Post a Comment for "Penjelasan Hadits Kasih Sayang Man La Yarham La Yurham"