Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerpen Bahasa Arab Tentang Persahabatan dan Artinya

Cerpen Bahasa Arab Tentang Persahabatan

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, Admin kali ini akan membagikan cerita pendek bahasa arab tentang persahabatan.

Dalam kehidupan kita tentu kita punya teman karib atau sahabat sejati, yang selalu ada dan menemani kita dikala kita gundah, dan selalu bersama ketika dalam keadaan apapun dan dimanapun. Mempunyai sahabat memang mempunyai banyak keuntungan, diantaranya hidup kita jadi hangat, tenang dan lebih berwarna.

Kita begitu butuh akan sosok sahabat, karena kita perlu berbagi kepada orang yang kita percayai seperti sahabat, dengan sahabat kita bisa berbagi cerita, suka duka, canda tawa dan berbagai hal, karenanya kita cari dan jalin persahabatan demi kehidupan yang bahagia.

Sebagai pembelajar bahasa Arab kita mesti mahir menceritakan tentang persahabatan bahasa arab, karenanya Admin akan kasih contoh cerpen bahasa arab singkat atau bisa juga disebut cerita panjang bahasa arab dan artinya tentang persahabatan atau pertemanan. Tulisan ini juga bisa disebut cerita atau karangan bahasa Arab tentang sahabat. Jadikan teks atau paragraf bahasa arab tentang sahabat ini sebagai media latihan mengarang atau insya yaa sahabat.

Berikut di bawah ini Cerpen Bahasa Arab Tentang Persahabatan dan Artinya:

صَاحِبتي الحقيقية
(Sahabat Sejatiku)

إسمي هنا، أَمتَلك الصاحِبة الأحسن هي عائشة، نُصاحب منذ صغار لأننا في سِنٍّ مُتَسَاوٍ، وبيتنا مُجاوِرٌ وفي قريةٍ واحدةٍ.
Namaku Hana, aku mempunyai sahabat terbaikku yaitu Aisyah, kami berteman sejak kecil karena kami seumuran, rumah kami juga tidak terlalu jauh dan masih satu kampung.

تعلمنا معا ولعبنا معا وفعلنا كثير الأنشطة معا، ما أجمل حياتي بامتلاك الرَّفِيْق مثل عائشة، فحياتي حَمِيمَة ومَسْكَنَةٌ وتَنَوُّعَة الألوان.
Kami belajar bareng, bermain bareng, dan kami lakukan banyak hal bareng-bareng, indahnya hidupku mempunyai teman seperti Aisyah, hidupku jadi hangat, tenang, dan penuh warna.


مند صغار، درسنا معا في مجلس التعليم المتساوي لأستاذنا المتساوي، درسنا بعد صلاة الصبح والعصر والمغرب، درسنا فيه العلوم الدينية كالقرآن والتجويد وكيفية الصلاة واستمعنا القصصَ المُلْهِمَةَ، وبعد درسنا خاصة في وقت المساء لعبنا في بيتنا وفي الملعب بعض الأحيان.
Semenjak kecil kami mengaji bareng di tempat pengajian yang sama dan kepada ustadz yang sama, kami mengaji setelah shalat shubuh, ashar dan maghrib, disana kami belajar berbagai macam ilmu agama islam, seperti qur’an, tajwid, tata cara shalat dan mendengar kisah-kisah yang inspiratif, seusai pengajian khususnya sore hari kami bermain bareng di rumah kami dan kadang ke lapangan.

ومند صغار أيضا، درسنا في المدرسة المتساوية من المدرسة الإبتدائية والمدرسة المتوسطة حتى الآن درسنا في المدرسة الثانوية معا، ذهبنا إلى المدرسة معا، درسنا تنوع المادة الدراسية معا، أكلنا إلى المقصف معا، قُمْنا بالواجبة المنزلية معا، والآن درسنا من المدرسة الثانوية في الفصل الثالث من الدور الأخير مهما كنا في مختلف الصِنْفِ.
Semenjak kecil juga kami belajar di sekolah yang sama, dari mulai SD, SMP sampai sekarang kami SMA pun masih bareng-bareng, kami berangkat sekolah bareng, belajar berbagai mata pelajaran bareng, makan ke kantin bareng, mengerjakan PR bareng. Dan sekarang kami duduk di 3 SMA semester akhir meskipun beda kelas.


نحن نملك المُسَاوَاة العديدة، إما في الهواية أو في شَهِيَّة الأطعمة أو في الموسيقِي أو في السِيْنَمَائِيّ أو غيرها، لكن نختلف عن مَيْلِ مجال المادة الدراسية، أحب اللغة إنْجِلِيْزِيَّة وعائشة تحب اللغة العربية، وهي ماهرة في مجالها، وهذا من سبب العوامل الدافعية الأسرية المختلفة.
Kami mempunyai banyak kesamaan baik dalam hobi, selera makanan, musik, film dan banyak hal, tetapi satu yang berbeda dari kami yaitu dalam kesukaan bidang mata pelajaran, saya suka bahasa Inggris sedangkan aisyah suka bahasa Arab, dan ia begitu mahir dalam bidangnya, mungkin ini faktor motivasi orang tua kami yang berbeda.

فحان اليوم وقت الإمتحان الأخير في مدرستنا الثانوية، وأخيرا نجحنا معا، ولكن المسألة هي حينما نريد أن نلتحق بالجامعة لأننا مختلف في اختيار القسم والجامعة، فنحن لن نشترك معا ونفارق مند هذا اليوم، ولاَ سِيَّمَا تنال عائشة مِنْحَة دِرَاسِيَّة إلى الجامعة الأزهر بالقاهرة، لأنها ذكية في مجال اللغة العربية، وأما أنا ألتحق بالجامعة خارِجَ البِلاد.
Hari ini tibalah waktu ujian akhir di sekolah SMA kami, dan akhirnya kami lulus bersama, tetapi masalahnya ialah ketika kami hendak melanjutkan ke tingkat perkuliahan, karena kami berbeda dalam memilih jurusan dan universitas, otomatis kami tidak akan bersama lagi dan akan berpisah sejak hari ini, terlebih aisyah mendapatkan beasiswa studi ke universitas al azhar kairo, karena ia pintar dalam bidang bahasa arab. Sedang saya hendak melanjutkan studi ke luar kota.


وذلك اليوم وقت اشتراكنا الأخير، وذلك اليوم يوم وداعِنا، لو سمحنا أن نَتَمَنَّى نريد هذا اليوم غير موجود، وهذا اليوم يوم الأثقل علينا، لأننا نشترك في أي وقت ومكان عادة، وهذا اليوم لا بد لنا أن نفارق لننال أمْنِيَّتنا المختلفة،لكن نشكر لأننا نقدر أن نفكر صحيحة، فهذا كل واحد من سبيلنا الذي لا بد أن نتَمَشِّي فيه والأمنية التي لا بد أن نَتَحَقَّق للمستقبل الأحسن. ولكن في ذلك اليوم نتَعَهَّد للإتصال دائما رغم أننا في مكان أبعد كي مصاحبتنا لا تغب، طالما نحن ننظر السماء السَوَاء فنحن نشترك ذلك الوقت، وفي ذلك اليوم نسْعَى أن لا نَتَظَاهَر حزننا ونسْعَى أن نُمْسِك عَنْ لا نبكي كي تمر الحالة كما هي العادة، ولكن تَضْطَرُّ دُمُوعنا على الجروج في عيوننا فحن نُجْهِشُ بِالبُكَاء الشديد، فذلك اليوم نحن نفارق ولكن فرقنا فراق الأجسام لا القلب، ورغم أننا بعيد عن العين فلا بعيد عن القلب.
Hari itu ialah detik-detik terakhir kami bersama, hari itu hari kami berpisah, seandainya kami boleh berangan-angan kami tak ingin hari ini ada, hari itu ialah hari yang terberat bagi kami, sebab kami biasanya selalu bersama-sama kapanpun dan kemanapun, dan hari ini kami harus berpisah karena harus mengejar cita-cita kami yang berbeda, tetapi untunglah kami sudah bisa berpikir dewasa, inilah jalan kita masing-masing yang harus kita tapaki, cita-cita yang harus kita wujudkan untuk masa depan yang cerah, namun kami waktu itu mempunyai komitmen walau sejauh apapun kita berada kita harus tetap menjalin komunikasi agar persahabatan kita tak luntur, selama kita masih memandang langit yang sama berarti kita masih bersama, kami tatkala itu sebisa mungkin tak menampakkan kesedihan dan menahan air tangis supaya suasana berjalan seperti biasa, tetapi air tangis kami ini terus memaksa keluar, akhirnya kami menangis sejadi-jadinya, waktu itu kami berpisah, tetapi perpisahan kami hanya sebatas fisik bukan hati, meski kami jauh di mata bukan berarti jauh juga di hati.

هكذا من قصة مصاحبتنا الحقيقية العَاطِفِيّة، لعل إِنْتِهائها هو السعادة، نحن نتحقق أمنيتنا وأسرتنا، نقدر على إِنْفَاع العلم، نعمل ونتَزَوَّجُ ونمتلك الذَرَارِيّ، وحياتنا سعادة ونعيش معا في وقت آخر.

Demikian kisah persahabatan sejati kami yang mengharukan, semoga endingnya bahagia, kami dapat mewujudkan cita-cita kami dan keluarga, bisa mengamalkan ilmu, bekerja, menikah dan punya keturunan, kami hidup bahagia dan bisa bersama-sama lagi.


Demikian uraian mengenai cerpen bahasa arab tentang cinta sahabat, cerpen bahasa arab tentang hobi yang sama dalam persahabatan, cerita bahasa arab tentang sekolah yang sama, contoh teks story telling bahasa arab, semoga bermanfaat.

Baca juga:

3 comments for "Cerpen Bahasa Arab Tentang Persahabatan dan Artinya"

  1. cerpennya sangat menarik, kalau boleh tau siapa pengaran cerpen tersebut min
    ?

    ReplyDelete
  2. cerita yg begitu menarik,meski aku tdk pernah punya sahabat masa kecil tp aku bisa merasakan bagaimana rasanya,setelah membaca cerita ini.pengarangnya sangat berpengalaman sepertinya..

    ReplyDelete