Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Liburan Sekolah dan Artinya

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, Admin kali ini akan membagikan cerita bahasa arab tentang liburan sekolah dengan harakat dan terjemahnya.

Nah biasanya setelah para pelajar belajar di sekolah selama 2 semester suka ada libur panjang, coba Admin mau tanya kalian pernah liburan kemana, nah dalam tulisan kali ini Admin akan  membagikan cerpen bahasa arab tentang liburan sekolah, liburannya ialah ke Candi Borobudur yang ada di Magelang, Jawa Tengah.

Sebagai pembelajar bahasa Arab tentu kita mesti mahir menceritakan liburan sekolah menggunakan bahasa arab, dalam bahasa Arab menceritakan tersebut jika dalam bentuk tulisan adalah insya (mengarang). Karena begitu penting akan kemampuan menceritakan liburan sekolah dalam bahasa arab, Admin akan membagikan karangan bahasa arab liburan sekolah beserta artinya. Jadikan karangan bahasa arab hari libur ini sbg media pmbelajaran bahasa Arab yaa.. sahabat, khususnya insya atau mengarang.

Di bawah ini merupakan cerita liburan sekolah dalam bahasa arab dan artinya:

عُطْلَةُ المَدْرَسَةِ
(Liburan Sekolah)

أَتَكَلَّمُ عَنْ عُطْلَةِ المَدْرَسَةِ إِلَى مَعْبَدِ بُوْرُوْبُوْدُوْر مَعَ أَصْدِقَائِيْ فِي الفَصْلِ الثَّانِيْ مِنَ المَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّة الإِسْلَامِيَّةِ الحُكُوْمِيَّةِ 1 بَانْدُوْنْج، وَكَذلِكَ مَعَ بَعْضِ المُدَرِّسِيْنَ الَّذِيْنَ قَدْ عَلَّمَنَا فِيْهَا. أَنَا خَالِد، وَقَدْ دَرَسْتُ مَعَ أَصْدِقَائِيْ فِيْ الفَصْلِ الثَّانِيْ فِي المَدْرَسَةِ ثَانِيَةَ الدَّوْرِ، فَحَانَ وَقْتُ عُطْلَةِ المَدْرَسَةِ الطَّوِيْلَة، أُخَطِّطُ مَعَ أَصْدِقَائِيْ وَمُدَرِسِيْ لِقَضَاءِ العُطْلَةِ إِلَى مَعْبَدِ بُوْرُوْبُوْدُوْر مَاغلَانْج جَاوَى الوُسْطى يَوْمَيْنِ. إِنَّمَا نَسْتَغْرِقُ أَيَّامَ العُطْلَةِ بِالعُطْلَةِ إِلَى مَعْبَدِ بُوْرُوْبُوْدُوْر لِلْإِسْتِرَاحَةِ مِنْ تَعَلُّمِنَا اليَوْمِيَّةِ، وَالتَّرْكٍ مِنَ التَّعَبِ وَالمَشَقَّةِ وَكَذلِكَ التَّعَرُّفِ عَلَى التُّرَاثِ الثَّقَافِيِّ الأَسْلَاف الرَائِعَة.
Saya akan membicarakan liburan sekolah ke Candi Borobudur bersama teman-teman saya kelas 2 MAN 1 Bandung, demikian pula bersama sebagian guru-guru yang telah mengajar kami di kelas 2. Saya Khalid, saya dan teman-teman kelas 2 telah belajar di sekolah selama dua semester, maka tibalah waktu libur panjang sekolah, saya bersama teman-teman dan juga guru-guru merencanakan liburan ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah selama 2 hari. Niat kami menghabiskan liburan kesana hanya untuk sejenak beristirahat dari rutinitas belajar dan melepas penat, juga sambil mengenal warisan budaya leluhur yang agung.

فأستعد كلّ شيء مع أصدقائي قبل سافرنا إليه في بيوتنا، نحن نأخذ المؤنات الكافية مثل المَصْرُوف والملابس والأطعمة والمشروبات وغيرها من مُؤْنَات التي نحتاج فيه، وبعدما نستعد نذهب إلى المدرسة ثم نُدَخِّلُها إلى الحافلة السياحة التي نركبها.
Saya lalu mempersiapkan segalanya bersama teman-teman di rumah masing-masing sebelum pergi ke Candi Borobudur, kami membawa bekal yang cukup seperti biaya, pakaian, makanan, minuman dan lain-lain yang kira-kira akan dibutuhkan di sana, setelah perbekalan sudah siap kami berangkat ke sekolah lalu memasukkan bekal tersebut ke dalam bus pariwisata yang akan kami tumpangi.

قبل سافرنا إليه سمعنا التعليمات التي يقولها المدرس عن المَبَادِئ المَطُوْع والمَسِيْرَة التي نَمُرّ فيه، ثم بعد ذلك نُدْعى واحدا فواحدٍ فجملتنا من الفصل الثاني كلها تسعين نفرا وعشرة مدرس بثلاثة الحافلة السيحية.
Sebelum kami berangkat, kami mendengarkan instruksi guru terlebih dahulu tentang aturan-aturan yang harus dipatuhi dan juga rute perjalanan yang akan kami lalui di sana, kemudian setelah itu kami diabsen satu persatu dan sampai pada kesimpulan jumlah kami adalah 90 orang dari seluruh siswa kelas 2, 10 orang dari guru-guru dengan memakai 3 bus pariwisata.

بعد ما نستعد كل شيء سافرنا إليه بالحافلة السيحية. نحن نذهب من المدرسة في باندونج إلى معبد بوروبودور في الساعة الثامنة صباحا، ويستغرق للذهاب إليه حوالي سبعة ساعة. في السفـر ننظـر تنـوع المواصـلات والعمـارات والمناظـر الجميلـة، وفي أوسـط السفـر عندمـا حـان وقت الظهـر نحـن نقـف في منطـقة استـراحة لصـلاة الظـهر فنستـريح لنَبْـذِ التـعب والـنعاس حـوالي ثلاثـون دقيقـة، وبعـد ما نَنْشَـطُ نَسْتَمِـرُّ سفـرَنا.
Setelah segala sesuatunya telah siap kami berangkat mengendarai bus parawisata. Kami berangkat dari rumah di Bandung ke Candi Borobudur pada jam 08.00 pagi, kira-kira menghabiskan 7 jam untuk sampai ke sana. Di perjlanan, kami mlihat brbagai macam alat transportsi, bngunan & pmandangan yg indah, di tngah prjalanan tatkala tiba waktu shalat dzuhur kami brhenti di rest area untuk shalat dzuhur dan beristirahat sejenak untuk melepas penat dan kantuk, kami beristirahat sekitar 30 menit, setelah kami segar kembali kami melanjutkan perjalanan.

فوصلنا إلى معبد بوروبودور في الساعة الثالثة مساء، نوْقَفَ الحافلة السياحية في موقف الحافلة. ننظر فيه الحافلة السياحية التي يستعملها السُّيَّاحُ.بالكثير، وبعد ذلك نحْجِزُ الحجرة في بَنْسِيُون القريب من معبد بوروبودور، فندخل الحجرة ثم نقيم بصلاة العصر والظهر جمع التأخير ونستريح فيها.
Tibalah kami di Pangandaran pada jam 03.00 sore, kami memakirkan mobil terlebih dahulu di tempat parkir mobil, di sana kami melihat banyak mobil parawisata yang digunakan para wisatawan. Setelah itu kami memesan kamar di hotel yang dekat ke pantai, lalu kami masuk kamar, kemudian shalat ashar dan shalat dzuhur yang dijama’ takhir, dan beristirahat.

في الساعة السابعة صباحا نذهب إلى معبد بوروبودور أخذا بالمؤنات التي قد نُسْتُعِدَّتْ. بعد ما وصلنا إليه نَتَمَشِّي في جِوَار المعبد ونُدَوِّرُه ناظرا إلى جماله من فَنّ العِمَارات، ومن هنا فهنا أن هذا المعبد من رَوائع سلفنا في زمان الماضي، فلا حَيْرَة لهذ المعبد من باب سبعة عجائب العالم. التالي، نحن نتصور لتكوين الذِكْرَيَات بعدٍ، فنستغرق فيه حوالي خمسة ساعة، فنصلي صلاة الظهر في المسجد النور قريب منه.
Jam 07.00 pagi kami pergi ke Candi Borobudur sambil membawa perbekalan yang telah disiapkan. Setibanya di sana kami berjalan-jalan di sekitar Candi dan mengelilinginya sambil memandangi keindahan arsitekturnya, dari sana kami paham bahwa Candi tersebut merupakan maha karya nenek moyang kita di masa lampau, maka tak heran jika Candi Borobudur ini masuk pada deretan 7 keajaiban dunia. Selanjutnya, kami berfoto ria guna membikin kenang-kenangan untuk nanti, di sana kira-kira kami menghabiskan waktu sekitar 5 jam, lalu kami shalat dzuhur di masjid An-Nuur dekat Candi.

بعدما نصلي ونيستريح قليلا، نستمر رحلتنا إلى معبد مندوت ومعبد فاوون قريب من معبد بوروبودور، وأخيرا إلى هَضْبَة فونتوك ستومبو، فنأكل معا فيه ونُهَدِّأ أجسامنا من حَمَاوَة الشموس. ونهينا هذه النشاطات إلى المساء. ونختتم هذه نشاطات العطلة في وقت اليل بتَسَوَّق اللُّهَن من الملابس والمواهب والمأكولات وغيرها من الذكريات من معبد بوروبودور. ولا ننسي في تلك الأوقات إلى الصلاة الواجبة.
Setelah kami selesai mendirikan shalat dan istirahat sebentar, kami lanjutkan kembali perjalanannya ke Candi Mendut dan Candi Pawon, dan terakhir kami pergi ke Perbukitan Punthuk Setumbu, disana kami makan bersama dan mendinginkan tubuh kami dari teriknya matahari. Kegiatan kami selesai sampai sore. Lalu kami tutup kegitan liburan ini dengan berbelanja oleh-oleh berupa pakaian, pernak-pernik, makanan dan lain-lain sebagai kenangan dari Candi Borobudur. Dan kami tidak melupakan di waktu-waktu tersebut untuk mendirikan shalat wajib.

وبعدما نهينا من كل ما فعلنا استعدنا للذهاب، فيدعى في مرة ثانية قبل ندخل الحافلة السيحاية احتياطا لنفر لو وُجد أنه غائب، فجملته مُكْتَمِلَةٌ موافقة لما سبقنا، فنرجع منه ونستريح في الحافلة. هكذا من قصتنا عن عطلة المدرسة التي تملء بالتعجب والفرح.

Setelah kami selesai dengan segala kegiatan tersebut kami bersiap-siap untuk pulang, lalu kami kembali diabsen untuk kedua kalinya sebelum masuk bus pariwisata dengan tujuan kehati-hatian bilamana ada seseorang yang tertinggal, jumlahnya ternyata lengkap sesuai dengan yang sebelumnya, lalu kami pulang dari Borobudur dan beristirahat di bus. Demikian cerita kami tentang liburan sekolah yang dipenuhi dengan ketakjuban dan kegembiraan.

Demikian uraian mengenai contoh cerpen bahasa arab tentang liburan, atau karangan pendek bahasa Arab tentang liburan, semoga bermanfaat.