Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pidato Bahasa Arab Tentang Persaudaraan dan Artinya

Pidato Bahasa Arab tentang Persaudaraan dalam Islam

Pidato Bahasa Arab tentang Persaudaraan dalam Islam - Kita sebagai umat Islam adalah bersaudara, makanya kita harus tetap menjalin persaudaraan itu dengan baik, persaudaraan kita akan semakin kokoh dengan silaturahmi, gotong-royong, saling membantu antar sesama, mengunjungi teman yang sakit dan kebaikan-kebaikan yang lain.

Admin kali ini akan membagikan contoh teks pidato bahasa arab konsep islam tentang persaudaraan, ini tentu berguna bagi kalian yang hendak berpidato dengan tema persaudaraan.

Berikut di bawah ini Contoh Pidato Bahasa Arab tentang Persaudaraan Singkat dan Artinya:

السّـلام عليـكـم ورحمـة الله وبـركاتـه.
بسم الله الرحمن الرحيم. الْحَمْـدُ للهِ الَّـذِيْ أَنْعَمَـنَا بِنِعْمَـةِ اْلإِيْمَـانِ وَاْلإِسْـلاَمِ. وَنُصَلِّـيْ وَنُسَلِّـمُ عَلَى خَيْـرِ اْلأَنَـامِ سَيِّدِنَـا مُحَمَّـدٍ وَعَلَى اَلِـهِ وَصَحْبِـهِ أَجْمَعِيْـنَ، أَمَّـا بَعْـدُ.
قال الله تعالى في القرآن الكريم: اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ (الحجرات :10)
وقال النبي صلى الله عليه وسلم: الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لا يَظْلِمُهُ وَلا يُسْلِمُهُ... (متفق عليه)
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an: “Sesungguhnya-orang-orang-mukmin-itu-bersaudara, karena-itu-damaikanlah-antara-kedua-saudaramu-(yang-berselisih)-dan-bertakwalah-kepada-Allah-agar-kamu-mendapat-rahmat”.
Nabi SAW bersabda: “Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim yang lain . Ia tidak menzaliminya, dan tidak menyerahkannya kepada musuhnya...”.

سِيَـادَةُ رَئِيْسِ الجَلَسَة، سِيَـادَةُ رَئِيْسِ المَدْرَسَة، سِيـَادَةُ الأَسَـاتِذ وَالأَسَـاتِذَة، وَجَمِيْعُ الأَصْحَـابِ الأَحِبَّـاءِ.
هَيـَّا بِنَـا نَشْكُرُ اللهَ تعالى عَزَّوَجَلَّ، الَّذِيْ أَعْطَـانَا نِعَمِهِ وَمِنَنِهِ حَتَّى نَسْتَطِيْعَ أَنْ نَجْتَمِعَ فِي هَـذَا المَكَـان المُبَـارَك. صَلاَةً وَسَلَامًا دَائِمَيْنِ مُتَلَازِمَيْنِ عَلَى حَبِيْبِنَا المُصْطَفَى، مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ، سَيِّدِ اْلخَلْقِ وَاْلخُلُقِ.
Ketua panitia yang saya hormati, kepala sekolah dan guru-guru, serta sahabat-sahabat yang saya cintai.
Mari kita mengucap syukur kepada Allah SWT. Yang telah memberi kita nikmat dan anugerah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang diberkahi ini. Shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada kekasih kita yang terpilih yakni Nabi Muhammad SAW. Pimpinan Makhluk dan akhlaq.

أَيُّهَا الحَاضِرُوْن الكِرَام
فِيْ هَذِهِ اْلمُنَاسَبَةِ الثمينة، سَأُلْقِيْ لكم خطبة قصيرة تحت الموضوع "الأُخُوَّة في الإسلام".
قد أمرَنا الإسلامُ بفعْلِ الخيرات وبرِّ الآخرين، ومَنَعَنا بفعل الشرائر وعقوقِ الآخرين. نحن المسلمون مُلْزَمٌ بامتثال أوامرِ الله واجتنابِ نواهيه. فقد أمرَنا اللهُ بمُساعدةِ الآخرين في الخير ومنعنا عن مساعدتهم في الشر، لأنه سوف يضرهم. قال الله تعالى في القرآن الكريم: وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ.
تشرح هذه الآية أن الله أمرنا بمساعدة الآخرين في الخير ومنعنا عن مساعدة الآخرين في الشر، مثل المَعَارِك التي تجلب الخطيئة.
Hadirin sekalian yang saya hormati.
Pada kesempatan yang berharga ini saya akan menyampaikan ceramah singkat tentang “Persaudaraan dalam Islam”
Islam memerintahkan kepada kita untuk berbuat kebaikan, dan selalu berbuat baik kepada orang lain. Sebaliknya, Islam melarang kita untuk berbuat keburukan, dan selalu berbuat buruk kepada orang lain. Kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk mematuhi perintah Allah dan menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Allah. Allah telah memerintahkan kita untuk saling menolong dalam kebajikan dan dilarang untuk saling menolong dalam keburukan, karena itu akan merugikan orang lain. Allah Swt berfirman: Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.
Ayat ini menjelaskan bahwa Allah memerintahkan kepada kita untuk saling menolong dalam kebaikan dan melarang kita untuk saling menolong dalam keburukan, seperti perkelahian yang mendatangkan dosa.

أَيُّهَا الحَاضِرُوْن الأحبّاء
من الطريقة للحفاظ على الأُخُوَّة بين المسلمين هي بصلة الرحم، والتعاون وزيارة الأقارب المرضى والمحاولة في الحفاظ على العلاقات الجيدة مع الآخرين حتى يصبح المسلمون تَوَحُّدًا وقوّةً، قال الله تعالى في القرآن الكريم: وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖ
إذا كان هناك بيننا يتخاصمون، فلنا المسلمون وظيفة من أن نصلحهم، قال الله تعالى في القرآن الكريم: اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ.
Hadirin yang saya cintai
Diantara cara agar persaudaraan sesama umat Islam tetap terjaga ialah dengan memperkuat tali silaturahmi, gotong royong, menjenguk saudara yang sedang sakit, dan terus menjalin hubungan baik dengan sesama agar umat muslim bersatu dan kuat, Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: “Dan berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai”.
Bila ada diantara kita yang bertengkar, kita sebagai umat islam punya tugas mendamaikannya, Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur'an: “Sesungguhnya-orang-orang-mukmin-itu-bersaudara, karena-itu-damaikanlah-antara-kedua-saudaramu-(yang-berselisih)-dan-bertakwalah-kepada-Allah-agar-kamu-mendapat-rahmat”.

كَفَى بِهذا كلامي عن "الأخوة في الإسلام"، أرجو لكم العفو من الخطاء والنقصان. شُكرا جزيلا لِحُسْنِ اهْتمامكم، والله الموفّق إلى أقوم الطّريق، والسّـلام عليـكـم ورحمـة الله وبـركاتـه..
Demikian pembicaraan saya mengenai “Prsaudaraan dalam Islam”, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Terimakasih banyak atas perhatiannya, “Allah adalah Dzat yang memberi petunjuk ke jalan yang selurus-lurusnya”. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian uraian mengenai pidato atau ceramah bahasa arab tentang persaudaraan pendek beserta artinya, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Pidato Bahasa Arab Tentang Persaudaraan dan Artinya"