Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Karangan Bahasa Arab Tentang Liburan Ke Pantai dan Artinya

Karangan Bahasa Arab Tentang Liburan Ke Pantai dan Artinya

Assalamualaikum sahabat pecinta bahasa Arab, Admin kali ini akan membagikan cerita liburan ke pantai dalam bahasa arab dengan harakat dan terjemahnya.

Nah biasanya setelah para pelajar belajar di sekolah selama 6 bulan atau 1 tahun suka ada libur panjang, coba Admin mau tanya kalian pernah liburan kemana, nah dalam tulisan kali ini Admin akan  membagikan cerita liburan sekolah dalam bahasa arab dan artinya, liburannya bersama keluarga.

Sebagai pembelajar bahasa Arab tentu kita mesti mahir menceritakan liburan ke pantai menggunakan bahasa arab, dalam bahasa Arab menceritakan tersebut jika dalam bentuk tulisan adalah insya (mengarang). Karena begitu penting akan kemampuan menceritakan liburan ke pantai dalam bahasa arab, Admin akan membagikan karangan bahasa arab liburan ke pantai beserta harakatnya. Jadikan karangan bahasa arab hari libur ini sebagai media pembelajaran bahasa Arab yaa sahabat, khususnya insya atau mengarang.

Di bawah ini merupakan karangan bahasa arab tentang liburan dan artinya:

عُطْلَةٌ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ
(Liburan ke Pantai)

أَتَكَلَّمُ عَنْ عُطْلَتِيْ مَعَ عَائِلَتِيْ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ. أَنَا خَالِد، وَقَدْ دَرَسْتُ فِي المَدْرَسَةِ ثَانِيَةَ الدَّوْرِ، فَحَانَ وَقْتُ عُطْلَةِ المَدْرَسَةِ، أُخَطِّطُ مَعَ عَائِلَتِيْ لِقَضَاءِ العُطْلَةِ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ فَاعَنْدَارَانْ جَاوَى الغَرْبِيَّةِ ثَلَاثَ أَيَّامٍ. إِنَّمَا نَسْتَغْرِقُ أَيَّامَ العُطْلَةِ بِالْعُطْلَةِ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ لِلْإِسْتِرَاحَةِ مِنْ أَعْمَالِنَا اليَوْمِيَّةِ، وَالتَرْكِ مِنَ التَّعَبِ وَالمَشَقَّةِ.
Saya akan membicarakan liburan saya bersama keluarga. Nama saya Khalid, saya telah belajar selama 2 semester, maka tibalah waktu liburan sekolah, saya bersama keluarga merencanakan liburan ke pantai Pangandaran Jawa Barat selama 3 hari. Niat kami menghabiskan liburan hanya untuk sejenak beristirahat dari rutinitas dan melepas penat.

فَأَسْتَعِدُّ كُلَّ شَيْءٍ مَعَ أَبِيْ وَأُمِّيْ وَأُخْتِي الصَّغِيْرَةِ قَبْلَ سَافَرْنَا إِلَيْهِ، نَحْنُ نَأْخُذُ المُؤْنَاتِ الكَافِيَةَ مِثْل المَصْرُوْفِ وَالمَلَابِسِ وَالأَطْعِمَةِ وَالمَشْرُوْبَاتِ وَغَيْرِهَا مِنْ مُؤْنَاتِ الَّتِيْ نَحْتَاجُ فِيْهِ، ثُمَّ نُدَخِّلُهَا إِلَى السَّيَّارَةِ.
Maka saya beserta bapak, ibu dan adik perempuan saya mempersiapkan segala sesuatunya sebelum pergi ke pantai Pangandaran, kami membawa bekal yang cukup seperti biaya, pakaian, makanan, minuman dan lain-lain yang kira-kira akan dibutuhkan di sana, setelah perbekalan sudah siap semua kami memasukkannya ke mobil.

بَعْدَ مَا نَسْتَعِدُّ كُلَّ شَيْءٍ سَافَرْنَا إِلَيْهِ بِالسَّيَّارَةِ. نَحْنُ نَذْهَبُ مِنَ البَيْتِ فِيْ بَانْدُوْنج إِلَى فَاعَانْدَارَان فِي السَّاعَةِ العَاشِرَةِ صَبَاحًا، وَيَسْتَغْرِقُ لِلذِّهَابِ إِلَيْهِ حَوَالَيْ خَمْسَةَ سَاعَةٍ. فِي السَّفَرِ نَنْظُرُ تَنَوُّعَ المُوَاصَلَاتِ وَالعِمَارَاتِ وَالمَنَاظِرَ الجَمِيْلَةَ، وَفِيْ أَوْسَطِ السَّفَرِ عِنْدَمَا حَانَ وَقْتُ الظُّهْرِ نَحْنُ نَقِفُ فِيْ مِنْطَقَةِ اسْتِرَاحَةٍ لِصَلَاةِ الظُّهْرِ فَنَسْتَرِيْحُ لِنَبْذِ التَّعَبِ وَالنُّعَاسِ حَوَالَيْ ثَلَاثِيْنَ دَقِيْقَةً، وَبَعْدَ مَا نَنْشَطُ نَسْتَمِرُّ سَفَرَنَا.
Setelah segala sesuatunya telah siap kami berangkat mengendarai mobil. Kami berangkat dari rumah di Bandung ke Pangandaran pada jam 10.00 pagi, kira-kira menghabiskan 5 jam untuk sampai ke sana. Di perjalanan kami melihat berbagai macam alat transportasi, bangunan dan pemandangan yang indah, di tengah perjalanan ketika tiba waktu shalat dzuhur kami berhenti di rest area untuk shalat dzuhur dan beristirahat sejenak untuk melepas penat dan kantuk, kami beristirahat sekitar 30 menit, setelah kami segar kembali kami melanjutkan perjalanan.

فَوَصَلْنَا إِلَى فَاعَانْدَارَان فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ مَسَاءً، نَوْقَفَ السَّيَّارَةَ فِي مَوْقِفِ السَّيَّارَاتِ. نَنْظُرُ فِيْهِ السَّيَّارَاتِ السِّيَاحِيَّةِ الَّتِيْ يَسْتَعْمِلُهَا السُّيَّاحُ. وَبَعْدَ ذلِكَ نَحْجِزُ الحُجْرَةَ فِي الفُنْدُقِ القَرِيْبِ مِنْ شَاطِئِ البَحْرِ، فَنَدْخُلُ الحُجْرَةَ ثُمَّ نُقِيْمُ بِصَلَاةِ العَصْرِ وَنَسْتَرِيْحُ فِيْهَا.
Tibalah kami di Pangandaran pada jam 03.00 sore, kami memakirkan mobil terlebih dahulu di tempat parkir mobil, di sana kami melihat banyak mobil parawisata yang digunakan para wisatawan. Setelah itu kami memesan kamar di hotel yang dekat ke pantai, lalu kami masuk kamar, kemudian shalat ashar, dan beristirahat.

فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ صَبَاحًا نَذْهَبُ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ أَخْذًا بِالمُؤْنَاتِ الَّتِيْ قَدْ أُسْتُعِدَّتْ. بَعْدَ مَا وَصَلْنَا إِلَيْهِ نَحْنُ نَنْتَشِرُ الحَصِيْرَةَ عَلَى الرِّمَالِ، نَضَعُ المَأْكُوْلَاتِ وَالمَشْرُوْبَاتِ عَلَيْهَا، فَنَجْلِسُ عَلَيْهَا، وَطَقْسُ ذلِكَ اليَوْمِ مُشَمَّسٌ وَنَسِيْمٌ يَنْفَخُنَا، فَنَنْظُرُ البَحْرَ الَّذِيْ لَوْنُهُ أَزْرَق، فِيْ بَعْضِ الأَحْيَانِ نَنْظُرُ دَارَفِيْلَ الَّتِيْ تَقْفَزُ بِطَرِيْقَةٍ أَجْمَل، وَكَذلِكَ نَنْظُرُ المَنَاظِرَ الجَمِيْلَةَ، وَهُنَاكَ سُّيَّاحٌ يَلْعَبُوْنَ الرِّمَالَ وَالمِيَاهَ، فَأَحْمَدُ اللهَ الأَكْبَرَ عَلَى قُدْرَتِهِ فِي الخَلْقِ وَالتَّرْبِيَةِ عَلَى هذِهِ العَالَمِ الأَجْمَل.
Jam 07.00 pagi kami pergi ke pantai sambil membawa perbekalan yang telah disiapkan. Setibanya di pantai kami menggelar tikar di atas pasir, di atasnya kami meletakkan makanan dan minuman, dan kami duduk di sana, cuaca hari hari itu begitu cerah, angin sepoi-sepoi menerpa kita, kami melihat laut yang warnanya begitu biru, kadang kami melihat ikan lumba-lumba yang meloncat-loncat dengan cara yang memukau, begitu juga kami melihat pemandangan yang indah, di sana banyak para wisatawan yang bermain pasir dan air, saya memuji kepada Allah yang Maha Besar atas Kemaha Kuasaan-Nya mencipta dan memelihara alam ini yang begitu indah.

فَنَأْكُلُ فِيْهِ مَعًا، ثُمَّ بَعْدَ ذلِكَ نَسْبَحُ فِي البَحْرِ السَطْحِيِّ وَنَلْعَبُ فِيْهِ الرِّمَالَ وَالمِيَاهَ، فَفَرَحْنَا كَثِيْرًا. وَفِي اليَوْمِ الثَّالِثِ مِنَ العُطْلَةِ نَتَمَاشِيْ إِلَى السِّيَاحَاتِ الكَائِنَاتِ الأُخْرَى الَّتِيْ كَانَتْ فِيْهِ. وَأَخِيْرًا نَحْنُ نَتَسَوَّقُ اللُّهَنَ مِنَ المَلَابِسِ وَالمَوَاهِبِ وَالمَأْكُوْلَاتِ وَغَيْرِهَا ذِكْرَيَاتٍ مِنْ فَاعَنْدَارَان. فَبَعْدَ انْتَهَيْنَا مِنْ عُطْلَتِنَا فِيْ شَاطِئِ البَحْرِ فِيْ فَاعَنْدَارَان نَرْجِعُ إِلَى بَيْتِنَا.
Di sana kami makan bersama, setelah itu kami berenang di air laut yang dangkal, kami bermain pasir dan air, kami begitu gembira. Di hari ke tiga liburan kami berjalan-jalan ke objek-objek wisata lain yang ada di sana. Akhirnya kami berbelanja oleh-oleh berupa pakaian, pernak-pernik, makanan dan lain-lain sebagai kenangan dari Pangandaran. Setelah kami selesai dengan liburan kami di pantai Pangandaran kami pulang ke rumah.

Demikian uraian mengenai cerpen bahasa Arab tentang liburan, atau karangan pendek bahasa Arab tentang liburan, semoga bermanfaat.